KELOR



Kasiat Kelor

I Wayan Sukarma
   
Tanaman Kelor (Moringa Aleifera) sudah lama dikenal sebagai tanaman multiguna, padat nutrisi, dan berkhasiat obat. Dalam masyarakat Bali misalnya, Kelor digunakan menjadi sarana banten dan bahan pangan termasuk menjadi obat sakit mata merah dan obat bengkak. Orang Bali juga mempercayai tanaman Kelor mempunyai daya magis untuk menangkal kekuatan manusa-sakti. Pada zaman kemajuan kini pun banyak Spa dan Salon menyediakan perawatan kecantikan berbahan dari Daun Kelor. Malahan sistem pengobatan tradisional India, Ayurveda mengklaim, Kelor dapat menyembuhkan lebih dari 300 macam penyakit.  
Kasiat dan manfaat Kelor sudah banyak menarik perhatian peneliti, bahkan A Dudi Krisnadi berhasil mengumpulkan hasil penelitian tentang tanaman Kelor yang dibukukan dengan judul Kelor, Super Nutrisi (2015). Menurutnya, Kelor mengandung senyawa alami yang lebih banyak dan beragam dibandingkan dengan tanaman lainnya. Kelor mengandung 46 anti oksidan melindungi tubuh dari radikal bebas, 18 asam amino (8 diantaranya esensial) dibutuhkan tubuh membangun sel-sel baru, 36 senyawa anti inflamasi, dan 90 nutrisi alami, seperti vitamin dan mineral.
Kelor mengandung Asam Amino Esensial, yaitu Isoleusin, Leucine, Lisin, Metionin, Phenylalaine, Treonin, Tryptophan, dan Valin. Kelor mengandung Asam Amino Non-Esensial, yaitu Alanin, Arginine, Asam Aspartat, Sistin, Asam Glutamat, Glycine, Histidin, Serine, Proline, dan Tryrosine. Kelor mengandung vitamin, yaitu Vitamin A, Vitamin B, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B 3, Vitamin B6, Vitamin C,  Vitamin D, Vitamin E, dan Vitamin K. Kelor mengandung mineral, yaitu Kalsium, Tembaga, Zat Besi, Mangan, Magnesium, Fosfor, Kalium, Selenium, dan  Zinc. Kelor mengandung Fitonutrien, yaitu Karotenoid dan Polifenol. Kelor mengandung Asam Lemak, yaitu Omega-9 (Asam Oleat), Omega 6 (Asam Linoleic), dan Omega 3 (Asam Alpha-linolenat). Kelor mengandung Senyawa Super Nutrisi, yaitu Sitokinin, Zeatin, Quercetin, Beta-sitosterol, dan Asam Caffeoylquinic.
Menilik kandungannya, baik akar, getah, batang, daun, bunga, buah, maupun bijinya, bahkan Krisnadi menyebut Kelor dengan Miracle Tree atau Trees of Life dan Super Nutrisi. Kandungan super nutrisi yang dimiliki tanaman Kelor telah dikaji dan diuji oleh berbagai lembaga ilmiah dan universitas. Informasi tersebut digunakan dalam gerakan kemanusiaan mengatasi malnutrisi (gizi buruk) di negara-negara miskin. Kenyataannya, jutaan orang dapat diselamatkan dengan mengkonsumsi Kelor. Begitulah informasi tentang kasiat Kelor penting dibagikan setidaknya, sekadar menambah pengetahuan untuk menjaga kebugaran.

BALI PUSEH

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Bumi Rumah Kita

  Membaca Ulang Wasudewa Kutumbakam   I   W a y a n   S u k a r m a   Bumi adalah rumah kita bersama. Dunia adalah keluarga kita...