USADA



SISTEM PENGOBATAN USADA BALI

A.A. Ngr Anom Kumbara

Pengantar
            Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia (basic human needs) yang sangat penting bagi manusia. Hal ini terkait erat dengan kenyataan bahwa manusia yang sehat jasmani dan rohani memungkinkannya untuk melakukan peran-peran sosial sesuai dengan statusnya di masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan mereka akan kesehatan, setiap masyarakat di dunia mengembangkan sistem medis yang berisi tentang seperangkat kepercayaan, pengetahuan, aturan, dan praktik-praktik sebagai satu kesatuan yang digunakan untuk memobilisasi berbagai sumber daya dalam rangka memelihara kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit, baik fisik maupun rohani. Dengan demikian, sistem medis pada hakekatnya adalah pranata sosial yang memberi pedoman atau petunjuk bagi kelakuan manusia untuk memenuhi kebutuhan mereka akan kesehatan dalam suatu sistem sosial (Kalangie,1976:15), atau sistem kesehatan sebagai sistem budaya (Kleinman,1980).
            Dalam setiap sistem medis akan dijumpai adanya dua sub sistem terkait, yaitu sistem teori penyakit atau etiologi penyakit, dan sistem perawatan kesehatan. Sistem teori penyakit atau etiologi penyakit (etiology of illness) terdiri dari kepercayaan tentang sebab-sebab terjadinya suatu penyakit dan gejala-gejala simtomatis yang dialami penderita. Sedangkan  sistem perawatan kesehatan (health care system) terdiri dari sistem diagnosis  atau penentuan penyebab penyakit, dan tindakan terapi atau teknik pengobatan yang digunakan. Menurut Kleiman (1980) sistem perawatan kesehatan dapat dipandang sebagai sistem kebudayaan karena merupakan suatu kesatuan hirarkis yang tidak dapat dipisahkan  yang menyangkut tentang proses dan mekanisme pengambilan keputusan keluarga dalam pemilihan sektor-sektor pelayanan kesehatan (health seekking behaviour) yang tersedia untuk menanggulangi berbagai penyakit yang dihadapi.
Tindakan penyembuhan secara hirarkis berkaitan erat dengan ide tentang sebab sakit dan bentuk penggolongan penyakit, serta pemilihan tindakan pengobatan yang dianggap tepat untuk penyakit tersebut. Kesatuan hirarkis ini ditujukan terhadap masalah penanggulangan gangguan kesehatan secara tepat guna. Dengan demikian, dalam setiap sistem perawatan kesehatan kepercayaan tentang etiologi penyakit merupakan hal yang sangat penting karena azas penyembuhan dalam semua sistem kesehatan selau didasarkan pada kepercayaan tentang sebab-sebab terjadinya penyakit tersebut (Rienks,1988; Wellin;1977; Foster dan Anderson, 1986).
            Secara komprehensif dapat dikatakan bahwa setiap masyarakat memiliki sistem kesehatan sendiri. Dapat dimaklumi apabila Indonesia yang terdiri dari berbagai kelompok suku bangsa dengan beraneka ragam budaya etnis memiliki berbagai sistem kesehatan. Masing-masing kelompok suku bangsa tersebut telah mengembangkan sistem kesehatan mereka yang mungkin satu sama lain memiliki banyak perbedaan dan persamaan. Akan tetapi pada umumnya karakteristik sistem kesehatan tradisional mereka dapat dibedakan dengan sistem kesehatan moderen yang berasal dari Barat.
            Suku bangsa Bali sebagai salah satu dari ratusan suku bangsa yang tersebar di Indonesia, secara terun-temurun juga telah mengembangkan sistem kesehatan atau pengobatan secara tradisional yang populer disebut dengan pengobatan usada, dan praktisi medisnya disebut dengan balian.  
            Hingga kini, walaupun ilmu dan teknologi kedokteran sudah mengalami kemajuan pesat dan sudah sangat dikenal di Bali sejak lama, namun peran dan eksistensi pengobatan usada (balian) di Bali sebagai sumber alternatif masih cukup menonjol.  Kondisi ini terjadi menurut berbagai kalangan karena pengobatan usada ini di samping dianggap masih fungsional secara sosial dan lebih murah biayanya, juga cukup efektifnya  untuk menyembuhkan jenis atau golongan penyakit tertentu. 
            Menurut Klainman (1980), dalam masyarakat secara umum dikenal adanya tiga sektor  pelayanan kesehatan sebagai satu sistem medis tersendiri, yaitu (1) sektor pelayanan  umum atau rumah tangga (popular sector/home remedies)), (2) sektor kedukunan (folk medical system), dan (3) sektor profesional atau kosmopolitan (profesional and cosmopolite medical system). Ketiga sektor pelayanan tersebut oleh masyarakat dijadikan sebagai alternatif pilihan manakala mereka mengalami gangguan kesehatan, baik secara tersendiri maupun secara tumpang tindih, dan atau bersamaan. Pemanfaatan sektor-sektor tersebut, baik secara tersendiri maupun digambung bersama dipengaruhi oleh faktor-fator tertentu. Faktor-faktor tersebut antara lain, yaitu persepsi tentang tingkat keparahan penyakit, persepsi tentang etiologi penyakit yang diderita, efektivitas pengobatan yang pernah digunakan, aksesibilitas, dan keterjangkauan secara ekonomi.

Konsepsi Sehat-Sakit, Etiologi Penyakit, dan Praktek Penyembuhannya

Konsepsi Orang Bali tentang Sehat-Sakit
            Secara  komprehensif  yang dimaksud dengan sehat, yaitu suatu keadaan dalam mana seseorang dapat mempergunakan secara efektif keseluruhan fungsi fisik, mental dan sosial yang dia miliki dalam berhubungan dengan lingkungannya, sehingga hidupnya berbahagia dan bermanfaat bagi masyarakat. Menurut definisi Word Health Organization (WHO) sehat adalah suatu kondisi manusia yang  bukan saja bebas dari penyakit  dan kecacatan fisik, tetapi juga bebas dari gangguan mental. Sebaliknya secara mikro dan emik, oleh karena adanya perbedaan latar belakang budaya dan lingkungan masyarakat menyebabkan konsepsi tentang sehat–sakit sering dijumpai sangat bervariasi dan bersifat subyektif antara satu kebudayaan dengan kebudayaan yang lain. 
            Pada dasarnya masalah kesehatan bersifat biologis. Namun kesehatan dapat ditinjau dari segi sosial dan kebudayaan karena ternyata pandangan dan konsepsi tetang sehat-sakit tidak selalu sama antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya. Perbedaan itu timbul karena adanya perbedaan-perbedaan pola adaptasi masyarakat terhadap lingkungan baik fisik maupun sosialnya, sumber daya   kesehatan yang tersedia, serta kemampuan cara berpikir dari masing-masing masyarakat. Dengan kata lain pandangan masyarakat terhadap kesehatan merupakan bagian yang  tidak terpisahkan dari kebudayaan dan pola-pola adaptasi suatu masyarakat terhadap lingkungannya.
            Pada masyarakat Bali konsepsi tentang kondisi sehat atau sakit mengacu pada prinsip keseimbangan dan ketidakseimbangan sistemik unsur-unsur pembentuk tubuh dan unsur-unsur yang ada di dalam tubuh manusia, serta keseimbangan hubungan dengan lingkungan yang lebih luas. Keseimbangan dan berfungsinya unsur-unsur sistemik dalam tubuh serta terpeliharanya keharmonisan hubungan dengan lingkunggan, baik fisik maupun sosial, budaya dan psikis  menjadi penyebab utama terbentuknya kondisi sehat. Sebaliknya, ketidakseimbangan unsur-unsur tersebut menjadi faktor utama gangguan kesehatan atau penyebab sakit. Dengan demikian, menurut konsepsi orang Bali sehat tidak hanya menyangkut bebas dari sakit atau penyakit, tetapi juga untuk menikmati seterusnya tanpa terputus-putus terhadap keadaan fisik, mental dan spiritual yang bahagia dan utuh. Konsep dari keadaan keseimbangan yang  benar dan hakeki, tidak hanya menyangkut berfungsinya sistem dan organ tubuh manusia dengan baik dan lancar, psikis dan spiritual, tetapi juga menyangkut keseimbangan hubungan secara dinamis dengan lingkungan yang lebih luas, yakni hubungan harmonis dengan sesama ciptaan Tuhan (bhuana, makrokosmos), antaranggota keluarga sendiri, tetangga, teman dekat dan anggota masyarakat secara lebih luas, dan antara kita dengan Tuhan Sang Pencipta.
Dalam kosmologi Bali alam semesta dipandang sebagai sesuatu yang bersifat nyata (sekala) dan dapat ditangkap dengan  panca indra serta bersifat tidak nyata (niskala/gaib) yang tidak dapat ditangkap dengan panca indra, tetapi dipercaya ada. Secara keseluruhan isi alam semesta ini terdiri atas lima unsur, yaitu (1) bayu, (2) teja, (3) apah, (4) akasa, dan (5) pertiwi. Semua unsur itu disebut Panca Maha Bhuta yang keseluruhannya merupakan sumber dari kehidupan manusia.
Alam semesta sebagai kesatuan kehidupan terwujud dalam dua kosmos, yaitu makrokosmos dan mikrrolosmos. Makrokosmos merupakan suatu wadah keseimbangan dunia yang amat besar tak terhingga, tetapi tetap diakui memiliki batas yang jelas dengan keadaan yang bersifat teratur dan tetap (fixed) dengan Tuhan sebagai pusat pengendali keseimbangan alam sermesta. Sebaliknya, mikrokosmos adalah manusia itu sendiri yang merupakan reflika dari makrokosmos dengan unsur-unsur Panca Maha Bhuta sebagai inti kehidupan. Walaupun manusia merupakan reflika dari makrokosmos dan memiliki kemampuan untuk mencipta, namun mereka pun menyadari akan keterbatasan akan kemampuannya dan tidak pernah bisa menolak kehendak-Nya. Dalam kehidupan masyarakat Bali, penggambaran keterbatasan manusia dihadapan-Nya tererfleksi dalam sebutan-sebutan, seperti Tuhan  Maha Besar (Sang Hyang Widhy), Maha Tahu (Sang Hyang Wisesa), Maha Kosong ( Sang Hyang Embang), Maha Kuasa (Sang Hyang Wisesa), Maha Pencipta (Sang Hyang Rekha), dan seterusnya.
Orang Bali, di samping percaya bahwa mereka tidak kuasa untuk menolak kehendak-Nya, baik berkenaan dengan hal-hal yang dianggap buruk, seperti kematian, kesakitan, kecelakaan, kesengsaraan, dan lain-lain, maupun hal-hal yang baik, seperti keselamatan, kebahagiaan, kesehatan, kemuliaan dan rejeki, dan sebagainya. Mereka juga percaya bahwa manusia akan bisa terhindar dari hal-hal yang dianggap buruk jika mereka senantiasa mampu menjaga dan menciptakan keseimbangan atau keharmonisan hubungan dengan alam, dengan manusia lain, dan dengan Tuhan. Prinsip keharmonisan hubungan  antara manusia dengan alam, dengan sesama manusia, dan dengan Tuhan oleh orang Bali sangat populer disebut dengan Tri Hita Karan, yaitu  tiga penyebab utama kebahagian dan keselarasan hidup manusia. Kosmologi orang Bali yang menekankan pada prinsip keseimbangan atau  keteraturan hubungan dan ketidakseimbangan kosmos (mikrokosmos-makrokosmos) tersebut senantiasa dijadikan sebagai konsep dasar untuk mencegah dan sekaligus menanggulangi berbagai hal yang dianggap buruk, seperti terganggunya kesehatan atau sakit, kecelakaan, kesengsaraan, ketidakberuntungan, perceraian, dan bahkan kematian.
Dalam konteks sistem medis etnis Bali atau Usada dan konsepsi balian tentang sehat-sakit, bahwa orang bisa disebutkkan sebagai manusia sehat apabila semua sistem dan unsur pembentuk tubuh (panca maha bhuta) yang terdiri dari:  pertiwi, apah, bayu, teja dan akasa, dan unsur dalam tubuh (tri dosha), yaitu udara (vatta), api (pitta), dan air (kapha) serta aksara panca brahma yang terdiri dari: aang, bang, tang, ang, ing) dan aksara panca tirta  yang terdiri dari: nang, mang, sang, sing, dan wang, berada dalam keadaan seimbang dan dapat berfungsi dengan baik. Sebaliknya manusia akan menjadi sakit apabila unsur-unsur  panca brahma sebagai kekuatan panas, dan unsur-unsur panca tirta sebagai kekuatan dingin saat berinteraksi dengan udara, ada dalam keadaan tidak seimbang. Atau di antara keduanya, (unsur panas dan dingin ) ada dalam kondisi yang berlebihan sehingga fungsi-fungsi unsur pembentuk tubuh (panca maha butha) terganggu. Terganggunya fungsi unsur-unsur tubuh inilah yang menyebabkan orang menjadi sakit. Dengan kata lain, terganggunya keseimbangan unsur-unsur pembentuk tubuh dan fungsi unsur dalam tubuh manusia dapat menyebabkan orang bersangkutan menjadi sakit. Karena itu, mengembalikan keseimbangan seperti semula usur-unsur dan fungsi pembentuk tubuh merupakan prinsip dan tindakan utama dalam proses penyembuhan penyakit.
Menurut sistem pengobatan usada Bali yang bersandarkan pada sistem pengobatan Ayurveda dan naskah-naskah pengobatan kuno yang ada di Bali, bahwa berfungsinya sistem organisme tubuh manusia secara normal dikendalikan oleh tiga unsur humoral, yaitu unsur udara (vatta), unsur api (pitta), dan unsur air (kapha).  Ketiga unsur tersebut  dalam sistem pengobatan Ayurveda dan pengobatan usada Bali disebut dengan istilah Tridosha. Konsepsi tentang Tridosha (adanya tiga unsur cairan dalam tubuh)  manusia itu selajutnya dijadikan sebagai salah satu kerangka dasar pijakan oleh sebagian balian usada di Bali dalam menjalankan profesinya, baik dalam tahap menegakkan diagnosis maupun terapinya.
Dalam kosmologi berkenaan dengan konsepsi orang Bali tentang Tuhan atau Ida Sang Hyang Widhi Wase, bahwa  Bhatara Ciwa  dipandang sebagai segala sumber yang ada di dunia, atau menciptakan semua yang ada di jagad raya ini, termasuk berbagai jenis penyakit dan obatnya. Tuhan dalam wujudnya sebagai Trimurti bermanifestasi sebagai dewa Brahma yang menjadi sumber panas, dewa Wisnu menjadi sumber air yang bersifat dingin, dan dewa Iswara menjadi sumber udara.  Dengan mengacu pada konsepsi itu, maka masyarakat Bali secara global menggolongkan jenis dan penyebab sakit menjadi dua, yaitu  penyakit yang bersifat fisik (sekala) dan nonfisik (niskala); demikian juga penyebabnya ada yang dipandang  karena faktor yang bersifat alamiah (naturalistik), ada juga yang bersifat nonalamiah (personalistik), dan supranaturalistik, atau  gabungan dari kedua atau ketiganya.
Secara fisik atau naturalistik, berdasarkan pada gejala-gejala atau simtomatisnya, masyarakat Bali menggolongkan penyakit ke dalam tiga kelompok, yaitu (1) penyakit yang tergolong panes (panas), (2) nyem (dingin), dan (3) sebaa (panas-dingin). Sebaliknya, kualitas dan kasiat bahan obat dan obat yang dibuat untuk mengobati jenis penyakit tersebut, juga diklasifikasi ke dalam tiga kelompok, yaitu (1) berkasihat anget (hangat), (2) berkasiat tiis (sejuk), dan (3) berkasiat dumelada (sedang).  Penggolongan penyakit dan jenis obat tersebut jika mengacu pada konsep kepercayaan terhadap wujud Tuhan sebagai Brahma, Wisnu dan Iswara (Trimurti/Tripusrusa/Trisakti ) maka Brahma dipandang sebagai wujud api yang menciptakan penyakit panes, maka  obat yang diciptakan kualitasnya berkasiat anget; Wisnu yang menciptakan penyakit nyem, maka obat yang diciptakan berkasiat tiis, dan Iswara yang menciptakan penyakit sebaa, maka  obat yang diciptakan berkasiat dumelade/jumelade.
Sebagaimana telah juga disinggung di atas, bahwa dalam kosmologi dan sistem medis orang Bali, masalah sehat sakit merupakan masalah yang berkaitan dengan harmoni/keseimbangan dan disharmoni/ketidakseimbangan hubungan antara buana agung (makrokosmos) atau alam semesta, dan buana alit (mikrokosmos) manusia itu sendiri, dan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai pencipta dan pengendali. Oleh karena itu,  orang Bali percaya dan yakin, bahwa sehat, bahagia, dan sejahtera sekala-niskala (lahir-batin) akan terwujud atau terjadi apabila hubungan antara ketiga komponen tersebut berada dalam keadaan seimbang. Hubungan serasi antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam lingkungannya, dan manusia dengan Tuhan sebagai pencipta segala yang ada di jagat raya ini disebut dengan Tri Hita Karana. Artinya hubungan harmonis ketiga unsur tersebut merupakan sumber penyebab kesejahteraan, kebahagiaan dan kesehatan bagi manusia.   Sebaliknya kondisi buruk seperti sakit, tidak bahagia, sengsara, dan sebagainya, bisa terjadi manakala hubungan ketiga komponen tersebut terganggu atau tidak harmonis. Bagi orang Bali, apabila hal ini terjadi, maka upaya mengembalikan keseimbangan hubungan sistem, baik dalam konteks mikrokosmos maupun makrokosmos merupakan upaya yang penting. Dalam konteks sehat-sakit, terganggungnya fungsi-fungsi elemen tubuh (panca maha butha dan tri dosha) baik karena faktor alamiah, personalistik   maupun supranatural, menyebabkan seseorang menjadi sakit.
Dalam lontar Wrehaspati Tatwa (sloka 33) penyakit diistilahkan dengan dukha. Menurut lontar ini terdapat tiga macam dukha atau penyakit, yaitu , (1) penyakit yang diakibatkan oleh kekuatan supranatural, (2) adhyatmika duka yaitu penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan mental, dan (3) bhautika dukha adalah penyakit yang diakibatkan oleh berbagai mahluk renik yang disebut butha. Lebih lanjut dalam sloka 52 dijelaskan bahwa ada tiga cara mengatasi dukha tersebut, yaitu (1) tresna dosaksaya, yaitu berusaha melenyapkan dosa akibat dari perbuatan atau dengan pengendalian diri, (2) indriya yogamarga yaitu melepaskan diri dari kitan duniawi dengan melakukan yoga, dan (3) jnana bhudireka yaitu memupuk pengetahuan spiritual.
Menurut orang Bali, oleh karena sakit  dipandang tidak hanya merupakan gejala biologis yang bersifat  individual, tetapi dipandang berkaitan secara holistik dengan alam, masyarakat dan Tuhan, maka setiap upaya kesehatan yang dilakukan tidak hanya menggunakan obat sebagai sarana pengobatan, tetapi juga menggunakan sarana ritus-ritus tertentu, mantra-mantra yang termuat dalam aksara suci sebagai bagian dari proses tersebut. Dengan demikian, menyembuhkan atau menanggulangi suatu penyakit tertentu umumnya yang digarap oleh balian usada di Bali, bukan hanya aspek biologis dari pasien, tetapi juga aspek sosial-budaya dan spiritualnya. 
Pada masyarakat Bali umumnya seseorang mencari pertolongan pengobatan ke sektor-sektor perawatan kesehatan yang tersedia, seperti ke balian (dukun), dokter, atau para medis  bukan saja karena faktor penyakit yang patogen, tetapi sering juga akibat dirasakan adanya kelainan atau gangguan fungsi unsur-unsur dari tubuh (illness). Sehubungan dengan hal ini, secara empiris tampak bahwa walaupun telah banyak ada Puskesmas tersebar merata di setiap kecamatan, dan sistem pengobatan barat (moderen) sudah sangat lama dikenal, namun sebagian masyarakat Bali baik yang tinggal di kota maupun di desa masih banyak yang suka dan sering menggunakan balian atau pengobatan usada Bali sebagai alternatif pilihan, berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Secara empiris menurut keterangan beberapa pasien yang sempat diwawancarai di rumah balian yang ada di desa Sanur, Kota Madya Denpasar, dan desa Pemaron, Kapupaten  Buleleng, bahwa kepercayaan terhadap etiologi penyakit, tingkat keparahan, dan pengalaman pengobatan sebelumnya menjadi alasan utama mereka memilih balian sebagai alternatif.  Dengan demikian, respons dan penghargaan masyarakat Bali terhadap pengobatan tradisional atau usada di Bali masih  tinggi.

Etiologi atau Sebab-Sebab Sakit
            Pada banyak suku bangsa yang belum sepenuhnya menerima konsepsi penyakit secara biomedis, hiduplah konsepsi universal sebagai anggapan umum (representation colectives) tentang sebab-sebab penyakit yang bersifat nyata dan tidak nyata. Ke dalam kelompok yang pertama tercakup penyebab penyakit, seperti (1) karena luka, (2) makan berlebihan, (3) badan terlalu lelah, (4) patah tulang atau terbebtur benda-benda keras, dan lain-lainnya. Ke dalam kategori kedua tercakup sebab-sebab sakit, seperti (1) karena jiwa menghilang, (2) tubuh dimasuki roh jahat, (3) kena ilmu sihir, (4) pengaruh gaib agresif, (5) melalaikan kewajiban adat dan agama, (6) tubuh kemasukan benda-benda gaib tertentu, dan (7) melanggar sesuatu pantangan agama/adat tertentu.
Menurut George Foster (1978:13), dalam sistem kesehatan tradisional nonbarat (non western medical system) secara umum  dikenal adanya dua jenis etiologi penyakit, yaitu sistem etiologi personalistik dan naturalistik. Secara personalistik disebutkan bahwa keadaan sakit disebabkan oleh adanya campur-tangan   suatu agen aktif, baik berupa orang maupun bukan orang. Penyakit yang disebabkan oleh orang pada umumnya dilakukan oleh dukun sakti atau tukang sihir dengan memasukkan unsur-unsur tertentu ke dalam tubuh seseorang sehingga orang bersangkutan menjadi sakit. Sebaliknya, penyakit yang disebabkan oleh campur tangan agen jahat bukan orang, yakni berupa gangguan mahluk halus, jin, setan, hantu, atau makhluk-makhluk halus lainnya, bahkan oleh kekuatan supranatural, seperti dewa yang merasuk ketubuh dan jiwa seseorang sehingga orang bersangkutan menjadi sakit.
            Pandangan secara naturalistik, sakit atau gangguan kesehatan bukan disebabkan oleh agen aktif, tetapi terjadi oleh sebab-sebab keadaan yang bersifat alamiah, seperti angin, hujan, cuaca panas, dingin, dan lembab yang dijelaskan secara impersonal dan sistemik. Orang yang sakit atau terganggu kesehatannya dianggap sebagai akibat dari keseimbangan sistem (unsur-unsur panas/yin dan dingin/yang) yang ada dalam tubuh manusia terganggu, baik oleh kelebihan maupun kekurangan unsur tersebut; atau orang menderita sakit karena kecelakaan yang timbul dalam interaksi manusia dengan lingkungan biofisiknya (Allan,1970; Foster dan Anderson,1986). Karena itu, dalam pandangan naturalistik kesehatan diasosiasikan dengan keseimbangan, sebaliknya sakit diasosiasikan dengan ketidakseimbangan.
            Penggolongan etiologi atau penyebab penyakit ke dalam salah satu dari keduanya akan berpengaruh terhadap upaya penanggulangan yang dilakukan terutama berkenaan dengan bagaimana dan kepada siapa mereka harus meminta pertolongan sekaligus pemebrian label terhadap jenis penyakit yang diderita (Klienman,1980;Helman,1984). Selain dari kedua kategori etiologi penyakit tersebut yang memiliki dasar rasionalitas yang berbeda, namun, dalam kenyataannya di masyarakat kedua etiologi penyakit tersebut dipercayai dapat menimpa seseorang secara simultan atau kombinasi dari keduanya. Artinya, penyakit yang diderita oleh seseorang diyakini tidak saja disebabkan oleh etiologi naturalistik, tetapi juga oleh faktor-faktor yang bersifat personalistik.
Di kalangan masyarakat Bali, baik yang tinggal di pedesaan maupun perkotaan kepercayaan terhadap gangguan kesehatan yang disebabakan oleh gambungan faktor naturalistik dan personalistik terutama gamgguan kesehatan jiwa hingga kini tampak masih sangat dominan. Masih kuatnya kepercayaan masyarakat Bali terhadap etiologi gangguan jiwa  secara kombinasi antara kausa naturalistik dan personalistik menjadi faktor motivasi yang signifikan terhadap penggunaan  pengobatan tradisional (balian/dukun) sebagai alternatif yang pertama dan utama, di samping menggunakan pengobatan rumah sakit (Suryani, 1980; Kumbara,1994).  Dengan demikian,  penggunaan pengobatan tradisional (balian) dan pengobatan rumah sakit (dokter) oleh masyarakat secara bersama-sama  merupakan fenomena yang sangat umum di Bali, tanpa terjadinya pertentangan di antara kedua sektor pelayanan tersebut. 

Klasifikasi dan Jenis Penyakit yang Dikenal
Berdasarkan sistem klasifikasi penyakit, secara praktis masyarakat Bali menggolongkan penyakit menjadi dua golongan besar yaitu penyakit fisik (sekala) dan penyakit nonfisik (niskala). Menurut kebiasaan dan keterangan beberapa informan baik  dari balian maupun pasien, jenis penyakit fisik yang umum dikenal masyarakat Bali adalah sebagai berikut.
(1)   Penyakit Dalem (Dalam), yakni jenis penyakit atau gangguan yang menimpa seseorang yang menunjukkan gejala-gejala dalam tubuh bersangkutan terasa panas atau dingin berlebihan, atau perubahan unsur panas-dingin dalam tubuh secara mendadak.
(2)   Barah  (Bengkak) yang terjadi di bagian-bagian tertentu  dari anggota  badan.
(3)   Mokan (badan bengkak  dan terasa sakit).
(4)   Buh (perut bengkak dan berair).
(5)   Pemalinan (bagian tertentu dari badan, seperiti punggung, perut, dan dada terasa sakit pada seperti ditusuk-tusuk).
(6)   Sula (sakit melilit di perut  yang secara medis disebut gejala kolik)
(7)   Belahan atau puruh (sakit seperti ditusuk-tusuk di bagian kepala sampai  ke mata}
(8)   Tilas Naga dan tilas bunga (penyakit kulit yang biasanya menyerang kulit  di bagian pinggang, yang memiliki tanda-tanda khas yang disebabkan oleh jamur. Tilas bunga penyakit kulit yang hampir sama dengan tilas naga, tetapi menyerang pada bagian tubuh lain, di luar bagian pinggang.
(9)   Tuju (bengkak-bengkak yang terasa ngilu pada sela-sela persendian kaki dan tangan)
(10)     Tiwang (sakit ngilu atau kejang pada kaki atau tangan)
(11)     Upas (gatal-gatal pada tubuh yang disebabkan oleh bulu binatang, jamur, atau getah/bulu  pohon tertentu). 
Sebaliknya jenis penyakit niskala (nonfisik) antara lain adalah sebagai berikut.
(1)   Buduh atau gila atau stress yang dengan tingkat keparahan tertentu, yaitu (1) uyang (gelisah), (2) suka mengigau, (3) suka lari dari rumah, (4) ngamuk atau melakukan tindakan kekerasan tanpa sadar, atau melakukan tindakan abnormal lainnya.
(2)   Bebainan (sejenis gangguan jiwa yang dialami seseorang yang menunjukkan perilaku abnormal secara tiba-tiba, seperti menangis, tertawa, berteriak-teriak, memanggil-manggil nama seseorang, atau orang yang sudah mati, dan tanda-tanda lainny).
(3)   Beda, suatu jenis penyakit yang bisa menyerang, baik fisik maupun jiwa (nonfisik) seseorang yang  gejala-gejala dan penyebabnya secara medis baik oleh dirinya maupun praktisi medis tidak diketahui secara pasti, namun yang bersangkutan secara fisik  dan mental tampak kurang sehat, atau merasa kondisi kesehatannya terganggu secara tiba-tiba tanpa diketahui sebab-sebabnya secara jelas. Secara umum jenis penyakit ini menunjukkan tanda-tanda , antara lain, tampak pucat dan lemah, kadang-kadang pinsan secara tiba-tiba, kepala terasa sakit sekali, gelisah, sering mimpi buruk, sukar tidur, cepat marah tanpa alasan, dan lain-lainnya.
Atas ketiga jenis penyakit niskala ini, menurut konsepsi orang Bali disebabkan oleh faktor-faktor yang bersifat personalistik dan supranaturalistik. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
(1)   Leyak/desti, yaitu penyakit yang disebabkan oleh manusia jahat yang dengan kekuatan gaibnya telah berubah rupa menjadi binatang tertentu ( kera, babi, anjing kurus, rangda, dll)  yang dengan perubahan wujud itu mendatangi orang yang dituju, yang akhirnya menyebabkan sasaran atau korban menjadi sakit.
(2)   Cetik , yaitu  racun gaib  yang telah masuk ke tubuh seseorang lewat maknan atau minuman, baik yang ditaburi langsung pada minuman atau makanan tersebut, maupun dikirim secara gaib  atau  dengan kekuatan supranatural, sehingga orang minum racun tersebut menjadi sakit, dan bahkan menyebabkan kematian.
(3)   Teluh, yaitu  makhluk mirip manusia yang diciptakan dan telah memiliki kekuatan magis yang dikirim oleh seseorang untuk memasuki raga atau jiwa orang yang dituju, sehingga menyebabkan orang tersebut menjadi sakit. Papasangan (Penyakit disebabkan oleh benda yang berkekuatan magis yang di tanam di tempat orang yang dituju)
(4)   Trangjana/acep-acepan, yaitu jenis penyakit yang diderita seseorang yang disebabakan oleh ulah orang sakti atau berilmu dengan cara ngacep (mengipnotis dari jarak jauh orang yang dituju), sehingga yang bersakutan menjadi sakit. 
(5)   Bebai, yaitu sejenis binatang yang diciptakan oleh balian sakti  yang memiliki kekuatan magis, yang disuruh masuk ke dalam badan orang yang dituju, sehingga menyebabkan orang yang bersangkutan terganggu jiwanya atau menderita bebainan.
(6)   Kepongor, yaitu gangguan jiwa yang diderita seseorang yang disebabkan oleh kemarahan roh-roh leluhur mereka akibat dari keluarga bersangkutan telah melalaikan kewajiban agama atau adat yang menjadi tanggungjawabnya.
Selain itu, dalam masyarakat Bali juga dikenal adanya jenis penyakit yang bersifat fisik, namum disebabkan oleh faktor-faktor yang bersifat, fisik dan nonfisik sebagai berikut.
(1)   Mala adalah sakit/gangguan kesehatan pada mental/pikiran individu  yang disebabkan oleh adanya gangguan bio-psikologis dan karena faktor nonbiomedis berupa kekuatan supranatural
(2)   Letuh,yakni gangguan fisik atau mental yang dialami seseorang karena faktor bawaan dari sejak lahir dan atau muncul kemudian sebagai akibat dari faktor supranatural (hukum karma/karma wesana), perbutan yang dilakukan pada kehidupan tergahulu dan harus dijalani pada kehidupan sekarang, sehingga seseorang mengalami jenis penyakit tertentu yang sulit untuk disembuhkan. 

Balian dan Keahliannya
    Balian adalah sebutan yang paling populer bagi para pengobat tradisional (dukun) pada masyarakat Bali, atau orang yang mempunyai kemampuan  menolong orang yang mengalami gangguan kesehatan dengan menggunakan cara-cara pengobatan yang diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyang mereka. Sistem pengetahuan pengobatan tradisional yang dipakai acuan dan sumber konsep oleh balian dalam praktik pengobatan yang dijalaninya, atau landasan yang digunakan untuk memecahkan masalah kesehatan disebut dengan usada.
Secara etimologi kata usada berasal dari kata ausadhi (bhs. Sansekerta) yang berarti tumbuh-tumbuhan yang mengandung khasiat obat-obatan (Nala, 1992:1). Istilah usada ini tidaklah asing bagi masyarakat di Bali, karena kata usada sering dipergunakan dalam percakapan sehari-hari dalam kaitan dengan mengobati orang sakit. Menurut Sukantra (1992:124) usada adalah ilmu pengobatan tradisional Bali yang dikenalkan oleh para leluhur dan merupakan ilmu pengetahuan penyembuhan yang dijiwai oleh nilai-nilai agama Hindu.  Selamjutnya  Sukantra berpendapat bahwa  usada adalah ilmu pengobatan tradisional Bali yang sumber ajarannya terdapat pada lontar-lontar. Lontar-lontar yang menyangkut tentang sistem pengobatan di Bali menurut Nala (2002) dapat di   golongan   menjadi dua golongan, yaitu   lontar  tutur atau tatwa dan lontar  usada. Di dalam lontar tutur (tatwa) berisi tentang ajaran aksara gaib atau wijaksara.  Sedangkan di dalam lontar usada berisi tentang ajaran pengobatan, yaitu jenis penyakit dan jenis tanaman yang dapat dipergunakan untuk obat.
Lontar yang khusus memuat tentang bahan obat yang berasal dari tumbuh-tumbuan dikenal dengan Lontar Usada Taru Premana.  Di dalam usada ini secara mitologi tumbuh-tumbuhan itu dapat berbicara dan menceritrakan khasiat dirinya. Karena itu, setiap balian usada di Bali pasti tahu dan menggunakan usada ini sebagai pegangan dalam menjalankan profesinya. Walaupun demikian, sejalan dengan pengaruh perkembangan pengetahuan moderen di bidang kesehatan, para balian di Bali dalam praktiknya, di samping menggunakan metode pengobatan dan obat-obatan tradisional berdasarkan ilmu yang tertulis dalam lontar usada, dewasa ini  dia juga secara terbuka mengadopsi metode pengobatan moderen, seperti pemeriksaan hasil  ronsen pasien untuk kepentingan diagnosis, pemakaian obat buatan pabrik, saran rujukan ke dokter bila jenis penyakit yang diderta pasien memerlukan pertolongan dokter untuk kecepatan kesembuhan, dan cara-cara modern lainnya.
            Berdasarkan atas sumber pengetahuan dan kemampuan penyembuhan yang dimiliki oleh seorang balian pada masyarakat Bali dikenal adanya beberapa kategori balian, yaitu  (1) balian usada, (2) balian tason atau ketakson, (3) balian kepican, dan (4) balian campuran. Balian usada adalah balian yang di dalam menjalankan profesinya untuk mengobatai orang sakit berpedoman dan menggunakan dasar-dasar pengetahuan, teknik dan ketrampilan yang diperoleh atau dipelajari dari naskah-naskah kono yang umumnya tertulis dalam lontar usada sebagai pegangan pokok, di samping menggunakan pengetahuan dan teknik pengobatan  yang tidak bersumber dari lontar usada.
Balian katakson adalah balian yang dalam menjalankan profesinya menyandarkan diri pada kekuatan-kekuatan sakti yang ada dan dimiliki oleh mahluk-mahluk supranatural seperti, dewa-dewa, roh-roh, jin, dan kekuatan sakti lainnya. Kemampuan, kesaktian, dan keahlian yang dimiliki balian jenis ini umumnya diperoleh tidak melalui proses belajar, melainkan diperoleh dengan cara yang tidak lazim atau orang bersangkutan oleh sebab-sebab yang tidak diketahuai secara kasat mata secara tiba-tiba menjadi memiliki taksu. Taksu adalah kekuatan gaib yang masuk ke dalam diri seorang balian sehingga dengan kekuatan gaib itulah yang bersangkutan mampu menolong dan menanggulangi berbagai persoalan yang dihadapi orang-orang, bukan saja masalah kesehatan, tetapi juga masalah sosial lainnya yang tidak terkait langsung dengan masalah kesehatan. Oleh karena dalam praktik yang dilakukan oleh balian jenis ini bersandarkan pada kekuatan gaib, maka praktek persembahan dengan  ruitual berupa persembahan (banten ) tertentu sebagai sarana untuk memohon kekuatan gaib menjadi sarana utama. Dalam menentukan jenis penyakit klien yang datang kepadanya, bailan ini tidak menggunakan teknik “tetengerin gering” sebagaimana yang lazim digunakan oleh balian usada.
Balian kapican adalah balian yang mirip dan bahkan hampir sama dengan balian ketakson yang dalam menjalankan profesinya menggunakan  atau bersandarkan pada benda-benda bertuah yang diperoleh dari kekuatan supranatural yang disebut pica untuk menyembuhkan atau menolong pasien (orang sakit). Benda-benda bertuah ini pada umumnya dapat berupa keris, batu permata, uang kepeng yang memiliki gambar dan bentuk spesifik tertentu, kayu dan atau akar dari jenis pohoh tertentu, dan kadang-kadang air suci yang disebut wangsuhan sebagai sarana obat. Dengan mempergunakan pica itulah balian pica ini menyembuhkan berbagai penyakit yang ditanganinya. Sedangkan balian campuran adalah balian yang dalam menjalankan profesinya di samping bersandarkan kepada pengetahuan, teknik dan ketrampilan pengobatan yang dipelajari dari naskah-naskah pengobatan kuno yang terdapat dalam lontar usada, dan menggunakan benda-benda bertuah yang diperoleh secara gaib, juga menggunakan kekuatan gaib tertentu yang dilakukan melalui proses permohonan dengan ritual tertentu. Dengan kata lain, jenis balian ini dalam menjalankan profesinya memanipulasi dan menggunakan secara bersama-sama pengetahuan, teknik pengobatan usada dan berbagaii sumber daya lain yang dipandang memiliki kekuatan sakti untuk menangani pasiennya.
Sebaliknya, menurut spesialisasinya, pada masyarakat Bali dikenal beberapa jenis kejuruan balian, yaitu (1) balian urut (dukun pijat) yang memiliki keahlian khusus menangani pasien yang mengalami patah tulang atau keseleo urat; (2) balian manak (dukun bayi) yang memiliki ketrampilan khusus menangani persalinan atau perawatan kehamilan secara tradisional;  (3) balian tenung (dukun nujum), yang memiliki keahlian untuk meramal keadaan atau kejadian tertentu yang akan dan telah menimpa seseorang atau suatu keluarga, dan mampu menjelaskan faktor-faktor penyebabnya. Dalam menjalankan profesinya, balian ini umumnya menggunakan sumber pengetahuan yang dipelajari atau diperoleh dari naskah-naskah kono, lontar usada, dan dikombinasikan dengan pengenguasaan olah batin; dan (4) balian peluasan (dukun pemberi informasi). Karakteristik balian peluasan  ini hampir sama dengan balian ketakson, karena  dalam menjalankan profesinya sebagai pemberi informasi  sangat bergantung pada kekuatan gaib yang masuk ke dalam tubuh dan jiwa balian bersangkutan. Keberhasilan balian ini untuk menjawab masalah yang dihadapi sesuai dengan persepsi dan harapan kilen sangat tergantung pada terpenuhinya permohonan balian selaku perantara (mediator) kepada kekuatan gaib yang dipuja atau dimohonkan kekuatannya. Dalam proses permohonan kekuatan gaib ini, sarana ritual berupa banten (sesaji) yang dipersembahkan kepada kekuatan gaib yang dituju berserta mantra-mantra yng menyertainya menjadi sarana pokok.   
Sementara itu, berdasarkan konsepsi dualistik “Rwa Bhineda” (dua kekuatan yang berlawanan) dalam konteks fungsi dan peranan balian pada masyarakat Bali dikenal adanya dua kategori balian, yaitu “penengen” dan “pengiwa”. Balian panengen, yakni  sebutan untuk balian yang di dalam melakukan praktiknya menggunkan kemampuan/ kesaktian yang dimiliki hanya semata-mata untuk tujuan-tujuan positif yakni menolong orang atau mengatasi masalah yang dihadapi anggota masyarakat, baik yang bersifat medis (pengobatan) maupun nonmedis (masalah sosial dan spiritual). Dalam menjankan profesinya, balian jenis ini secara konsisten menggunakan dan bersandarkan pada kode etik seorang balian. Artinya dalam praktiknya, dukun jenis ini di samping hanya semata berperan sebagai  penolong, juga dalam menjalankan profesinya selalu menggunakan ilmu-ilmu yang digolongkan sebagai ilmu beraliran putih.
Sebaliknya balian pengiwa, yakni sebutan untuk balian yang di dalam prakteknya melakukan peran ganda, dan di dalam melakukan perannya itu, balian ini dianggap menggunakkan dasar-dasar ilmu yang digolongkan oleh masyarakat sebagai ilmu beraliran hitam. Peran ganda yang dimaksud, yaitu di samping untuk menolong orang sakit atau sebagai penyembuh, di sisi lain dia juga berperan sebagai pembuat penyakit yang ditujukan kepada orang-orang tertentu, baik demi kepentingan sendiri mapun atas suruhan orang lain. Karena peran ganda inilah dia disebut sebagai  balian pengiwa. Sekalipun balian jenis ini melakukan praktik pengiwa (penyembuh dan sekaligus pembuat penyakit) bagi orang-orang tertentu, namun dalam kehidupan masyarakat di Bali mereka tidak pernah dimusuhi, dibenci ataupun dikucilkan oleh warga masyarakat atas peran ganda yang dilakoni. Hal ini terjadi karena terkait erat dengan konsepsi atau pandangan orang Bali tentang segala sesuatu yang ada dan terjadi di muka bumi ini selalu atau pasti mengandung sifat-sifat “Rwa Bhineda”, seperti baik-buruk, hitam putih, gunung-laut, laki-perempuan, sehat-sakit, dan lain-lain yang satu dengan yang lain sekalipun ada pada posisi biner  tetapi tidak terpisahkan. 
Sementara itu, mengenai sumber  pengetahuan kesehatan dan pengobatan di Bali dapat digolongkan dalam dua golongan besar, yaitu pengetahuan yang diperoleh dari hasil budi-daya  individu dan masyarakat itu sendiri  secara turun-temurun, dan pengetahuan yang diperoleh dari luar, yakni hasil akulturasi kebudayaan sebagai akibat dari adanya kontak dan saling pengaruh dengan kebudayaan lain.  Unsur-unsur kebudayaan dari luar yang paling kuat dan tampak dominan  dalam sistem pengobatan di Bali adalah unsur-unsur kebudayaan yang berasal dari India yang bersumber dari kitab Ayurveda, di samping juga pengaruh kebudayaan Tiongkok/Cina.
Adanya kontak-kontak budaya dengan India yang telah berlangsung sangat lama dan intensif, khususnya yang berkaitan dengan penyebaran agama Hindu di Indonesia termasuk Bali, dan  hijrahnya  para Danghyang (intelektual Hindu dari Jawa) ke Bali untuk memantapkan paham Hindu-Budha di Bali yang diperkirakan berlangsung sejak awal abad ke-7 masehi hingga akhir abad ke-13 menyebabkan pengaruh agama dan nilai-nilai Hindu dalam kebudayaan Bali sangat kental. Masih kuat dan bertahannya hingga kini pengaruh agama Hindu terhadap kebudayaan Bali  disebabkan oleh  kondisi di mana pendukung kebudayaan Bali hampir seluruhnya beragama Hindu. Walaupun demikian, oleh karena kontak kebudayaan itu berlangsung lama, maka nilai-nilai Hindu khususnya praktik-pratik pengobatan Ayurveda dari India dan pengobatan dari Jawa yang dibawa oleh para Danghyang itu bercampurbaur dengan tradisi yang ada sebelumnya, dan selajutnya oleh orang Bali diakui sebagai pusaka turun-temurun hasil pemikiran nenek moyang mereka sendiri. Konsep-konsep dan praktik-praktik tradisi pengobatan itu oleh masyarakat Bali diwariskan dalam bentuk naskah-naskah kuno dan lontar-lontar, baik yang berwujud tutur /tatwa maupun lontar usada, yang ditulis dengan berbagai bahasa.   Sebagai naskah dan lontar tersebut ada yang ditulis dengan huruf Pallawa India, hurup Jawa Kuno, Sansekerta dan  sebagian besar ditulis dengan huruf Bali. Sistem pengobatan yang merupakan warisan nenek-moyang  yang ditulis dalam berbagai naskah kuno dan lontar tersebut di Bali disebut dengan pengobatan usada.  Oleh karena pengaruh budaya Hindu dari India demikian dominan, maka sistem pengobatan tradsional Bali sekarang  banyak yang menyerupai simtem pengobatan Ayurveda. 

Teknik Diagnosis Balian
Menurut beberapa sumber yang ada dalam lontar usada Bali, seperti Usada Ola Sari, Usada Separa, Usada Sari, Usada Cemeng Sari, Wraspati Kalpa, Taru Premana, Budha Kecapi, dan informasi dari dukun, bahwa  “hakekat keberadaan penyakit itu tunggal dengan obatnya”. Artinya penyakit yang diciptakan pasti ada obatnya. Namun, dalam proses pengobatan apabila salah cara menegakkan diagnosis dan mengobati atau memberikan obat, dapat menyebabkan  penyakit semakin parah. Sebaliknya apabila  diagnosis ditegakkan secara tepat dan obat yang diberikan juga tepat, maka penyakit itu akan menjadi cepat sembuh atau pasien menjadi sehat. Dengan demikian, ketepatan diagnosis merupakan kunci utama keberhasilan pengobatan.
Oleh karena kesalahan diagnosa dapat berakibat pada ketidaktepatan dalam pemeberian obat  dan selajutnya bisa memperparah kondisi pasien atau  bahkan sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa pasien, maka demi keselamatan pasien para praktisii kesehatan (baik dokter, peramedis, maupun dukun dan  balian) secara etik dituntut agar dapat menegakkan diagnosis secara tepat, bekerja secara profesional, dan mengutamakan keselamatan pasien berdasrakan pada kode etik  profesinya masing-masing. Dalam sistem kesehatan tradisional di Bali (praktik kedukunan), seperti halnya praktik kesehatan barat (kedokteran), para balian usada di Bali dalam rangka mengambil tindakan medis terutama menentukan jenis penyakit yang diderita pasien dan memilih jenis obat yang dianggap tepat untuk pasien tersebut pada umumnya menggunakan teknik-teknik diagnosis  yang bersandarkan, baik pada sistem pengobatan  yang termuat dalam lontar usada, pengetahuan yang diperoleh dari teman seprofesi maupun atas dasar pengalaman praktis selama mereka menjadi balian.  Pedoman etika dan teknik praktis bagi para balian di Bali agar dapat menegakkan diagnosis dan terapi kepada pasien secara tepat sesuai dengan sistem pengetahuan dan teknik yang tertulis dalam lontar usada Bali di sebut dengan “Tetengering Gering”.
Menurut beberapa sumber yang termuat dalam lontar-lontar usada di Bali, seperti Taru Premana, Wraspati Kalpa, Budha Kecapi, Kalimosadha-Kalimosadhi, dan lain-lain,  teknik-teknik menegakkan diagnosis atau menentukan jenis penyakit (tetengering gering) yang diderita oleh pasien sebelum menentukan jenis obat yang akan diberikan umumnya dilakukan melalui tiga cara,  yaitu, (1)  pratyaksa atau roga pariksa (pengamatan melalui panca indra),  (2) sparsana (perabaan), dan (3) prasna dan anumana (wawancara dan menarik kesimpulan). Pratyaksa atau roga pariksa dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan mengandalkan perasaan melalui pancaindra, dengan cara melihat, mendengar, membau, meraba, dan mencicipi. Pemeriksaan secara langsung dilakukan dengan mengamati  seluruh tubuh pasien untuk mengatahui adanya kelainan lewat tanda-tanda fisik yang ada pada pasien. Dilihat warna kulitnya, apakah warna kilitnya pucat, kemerahan, kehitaman atau kuning, ada benjolan atau tidak. Bila warna kulitnya misalnya pucat dan kuning, maka diduga orang tersebut menderita anemia (padhu) atau gangguan pada fungsi hati (lever). 
Setelah dilihat dilakukan perabaan, penekanan dan pengetukan pada rongga dada dan perut serta didengarkan bunyinya untuk mengetahui suhu tubuh, denyut nadi, dan jalannya nafas. Untuk pemeriksaan yang lebih teliti lagi, menurut Ayur Weda dan Usada Bali  dilakukan melalui tahapan pemeriksaan (astangga pariksa) ,yaitu (1) nadi pariksa (pemeriksaan pada nadi), (2) Mutra-Pariksa (pemeriksaan air kencing), (3) Netra-Pariksa (pemeriksaan pada mata), (4) Mala-Pariksa (pemeriksaan tinja), (5) Jihva-Pariksa (pemeriksaan lidah), (6) Charma-Pariksa (pemeriksaan kulit), (7) Nala-Pariksa (pemeriksaan kuku), dan (8) pemeriksaan gambaran fisik sesuai dengan unsur Tridosha yang dominan , apakah usur vatta, pitta, atau kapha.
Sebaliknya, pemeriksaan tidak langsung menurut lontar Wraspati Kalpa dilakukan dengan memperhatikan hiasan bunga yang ada di kepala si sakit, jumlah orang yang mengantar, melihat posisi duduk si sakit mengahadap kearah mana dia duduk. Hasil dari pengamatan terhadap perilaku pasien tersebut seorang balian bisa mengetahui jenis penyakit atau gangguan kesehatan yang diderita  orang bersangkutan. Teknik perabaan (sparsana) dilakukan dengan memeriksa denyut nadi (nadi pariksa) pada pergelangan tangan kanan dan kiri pasien, perabaan pada perut, dahi dan kepala untuk mengetahui konsentrasi unsur panas atau dingin pada tubuh pasien. Sedangkan teknik wawancara dan penarikan kesimpulan dilakukan dengan cara menanyakan runutan awal gejala  penyakit,  bagian tubuh yang dirasakan sakit, gejala-gejala yang dirasakan, penyakit pernah diderita sebelumnya, kambuhan, dan jenis pengobatan yang sudah pernah dilakukan. Berdasarkkan hasil wawancara yang  digabung dengan pengamatan dan perabaan itu, seorang  balian menarik kesimpulan tentang jenis penyakit yang diderita pasien dan selajutnya menegakkan, terapi yang dianggap tepat atas penyakit tersebut. Secara naturalistik masyarakat Bali menggolongkan penyakit ke dalam tiga kelompok yatu (1) penyakit yang tergolong panes (panas), (2) tergolong nyem (dingin), dan (3) sebaa (panas-dingin).  Demikian pula tentang kualitas bahan obat dan obatnya.  Ada obat yang diklasifikasi berkasihat anget (hangat), tis (sejuk), dan dumelada (sedang). 
Penggolongan penyakit dan jenis obat tersebut jika mengacu pada konsep kepercayaan terhadap wujud Tuhan sebagai Brahma, Wisnu dan Iswara (Trimurti Tripusrusa/Ttrisakti ) maka Brahma dipandang sebagai wujud api yang menciptakan penyakit panes, dan obat yang bersifat anget, Wisnu yang menciptakan penyakit nyem dan obat yang berkasiat tiis, dan Iswara yang menciptakan penyakit sebaa dan obat yang berkasiat dumelade/jumelade.
Seperti telah disinggung di depan bahwa dalam kosmologi dan sistem medis orang Bali, masalah sehat sakit merupakan masalah yang berkaitan dengan harmoni (keseimbangan) dan disharmoni (ketidakseimbangan) hubungan antara buana agung (makrokosmos) atau alam semesta, dan buana alit (mikrokosmos) manusia itu sendiri, dan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai pencipta dan pengendali. Dengan demikian, sehat, bahagia, dan sejahtera sekala-niskala (lahir-batin) akan terwujud atau terjadi apabila terjadi keseimbangan hubungan antara ketiga komponen tersebut. Hubungan serasi antara manusia, alam dan Tuhan sebagai pencipta segala yang ada di jagat raya ini disebut dengan Tri Hita Karana. Artinya hubungan harmonis ketiga unsur tersebut merupakan sumber penyebab kesejahteraan, kebahagian dan kesehatan manusia.   Sebaliknya, sakit, tidak bahagia, sengsara, dan sebagainya, bisa terjadi manakala hubungan ketiga komponen tersebut (hubungan antara manusia dengan alam, hubungan manusia dengan Tuhan dan hubungan antara manusia dengan manusia ) terganggu atau tidak harmonis. Bagi orang Bali, apabila hal ini terjadi, maka upaya mengembalikan keseimbangan hubungan sistem, baik dalam konteks mikrokosmos maupun makrokosmos merupakan upaya yang penting. Dalam kontek sehat-sakit, terganggungnya fungsi-fungsi elemen tubuh (panca maha butha dan tri dosha) baik karena faktor alamiah, personalistik   maupun supranatural, menyebabkan seseorang menjadi sakit. 
Oleh karena penyakit tidak hanya merupakan gangguan yang bersifat biologis semata, tetapi menyangkut dimensi yang lebih luas, yakni dimensi psikologis dan sosial budaya, maka upaya  menyembuhkan suatu penyakit tidaklah cukup hanya ditangani masalah biologinya saja, tetapi harus digarap secara holistik termasuk masalah sosial budaya dan psikologinya. Masyarakat pada umumnya mencari pertolongan pengobatan bukanlah karena penyakit yang patogen, tetapi sering juga akibat dirasakannya (illness) adanya kelainan atau gangguan fungsi unsur-unsur dari tubuh. Dalam hubungan dengan pencarian pengobatan, hingga kini kepercayaan masyarakat di Bali terhadap balian atau sistem pengobatan  tradisional  masih cukup kuat, sekalipun  pelayanan kesehatan moderen seperti puskesmas, dokter praktik swasta dan rumah sakit telah tersebar merata dan mudah dijangkau oleh masyarakat Bali. Bahkan untuk jenis-jenis penyakit tertentu yang diduga disebabkan oleh faktor  nonmedis  (supranatural)  seperti  gangguan jiwa, bebainan dan sakit beda,  pengobatan tradisional (balian/dukun) justru sering menjadi pilhan pertama sebelum pasien dibawa ke rumah sakit atau ke dokter.
Bahan Obat dan Cara Pembuatannya.
Bahan-bahan Obat
            Dalam praktek pengobatan  sesuai dengan usada Bali, para balian di Bali dalam meracik obat pada umumnya menggunakan  campuran bahan-bahan obat yang diambil dari berbagai sumber , yaitu sebagai berikut.
(1)   Taru (tanaman) yang umumnya diambil sebagai bahan campuran obat adalah bagian-bagian dari tanaman tersebut seperti daun, bunga, kulit, akar, umbi, dan lendir batang atau keseluruhan dari pohon tersebut.
(2)   Sato atau buron (binatang), yakni bagian dari binatang tersebut, yakni dagingnya, kulit, kuku, bulu dan tulangnya, atau keseluruhan dari binatang tersebut.
(3)   Yeh atau Toya (air) yang berasal dari laut, mata air, air hujan, air pohon dan buah tertentu.
(4)   Unsur Pertiwi  yang terdiri dari tanah, garam, mineral, batuan, logam, dan arang dari pohon tertentu.
(5)   Madu, susu, arak, tuak/nira, dan berem.
Setelah melalui proses peracikan tertentu, bahan-bahan obat tersebut akan menjadi obat tertentu yang bisa berbentuk padet (padat), enceh (cair), dan belek (setengah padat).

Cara Pembuatan
Menurut konsepsi dan aturan yang ada dalam sistem pengobatan usada Bali, agar obat yang dibuat manjur untuk mengobati jenis penyakit tertentu dan dengan bahan tertentu, maka proses pembuatannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan, sebaliknya harus dilakukan berdasarkan ketentuan atau melalui prosedur tertentu. Atas dasar konsepsi itu, proses pembuatan obat di Bali dialkukan dengan beberapa cara yaitu sebagai berikut.
(1)   Dengan cara diulig (digerus).
(2)   dipakpak (dikunyah)
(3)   dilablab (direbus)
(4)   digoreng (digoreng)
(5)   dinyahnyah (dioseng)
(6)   ditambus (dimasukkan ke bara api atau abu panas), dan
(7)   ditunu (dipanggang di atas api secara langsung).

Cara Penggunaan
            Dalam pengobatan usada Bali, pemberian obat kepada pasien dilakukan dengan cara-cara tertentu tergantung pada peruntukan jenis obat yang akan diberikan, apakah untuk obat dalam atau obat luar. Adapun cara-cara  penggunaan  “obat dalam” (obat yang masuk langsung ke dalam tubuh) dilakukan dengan tiga cara yaitu sebagai berikut.
(1)   Tetes (diteteskan)
(2)   Tutuh (dimasukkan melalui hidung atau mata)
(3)   Loloh (diminum).
Sebaliknya   penggunaan “obat luar” dilakukan melalui beberapa cara sebagai berikut. 
(1)   Oles, yaitu obat dioleskan pada bagian-bagian tubuh yang sakit.
(2)   Boreh, yaitu obat ramuan  dilulurkan pada bagian tubuh orang yang sakit
(3)   Simbuh , yaitu ramuan obat yang dikunyah terlebih dahulu lalu disemburkan ke bagian-bagian tubuh tertentu.
(4)   Uap, yaitu ramuan obat yang digerus terlebih dahulu lalu diurapkan pada bagian tubuh yang sakit atau bagian tubuh tertentu, seperti perut, dada dan bokong.
(5)   Usug, yaitu ramuan obat digosokkan pada luka, sekaligus untuk membersihkan.
(6)   Ses, yaitu luka atau bagian tubuh yang sakit dikompres dengan air dingin atau panas yang telah berisi ramuan obat tertentu.
(7)   Limpun, yaitu ramuan obat diurutkan pada bagian-bagian tubuh yang sakit.
(8)   Kacekel, yaitu ramuan obat digunakan bersamaan dengan proses pemijetan anggota badan yang sakit.
(9)   Tampel, yaitu ramuan obat ditempelkan pada bagaian anggota badan yang sakit.

Profil Dua Kasus Balian: Jero Mangku Loka Praktek di Kawasan Sanur Denpasar dan Jero mangku Gede Suartha di Pemaron Singaraja.

            Mangku Loka adalah merupakan salah seorang seorang balian dari sekian banyak balian yang ada di desa  Sanur. Berperawakan cukup kekar, masih tampak cekatan dalam melayani pasien yang datang sekalipun sekarang dia diperkirakan sudah berumur lebih dari tujuh puluh tahuan (70 tahun).  Menyatakan bahwa dia tidak pernah mengenyam pendidikan formal,  tetapi memiliki sedikit ketrampilan menulis dan membaca hurup latin. Sebaliknya, sangat pasih berbicara, menulis dan membaca huruf Bali. Memperoleh keahlian sebagai penyembuh di samping belajar dari lontar usada, juga  berguru kepada beberapa orang pedanda (pendata) yang tinggal di Bali, dan sempat juga menimba ilmu pengobatan kepada seorang pendeta yang tinggal di pulau Lombok.  Dengan demikian, atas ketrampilannya itu, Mangku Loka dapat digolongkan sebagai balian usada. Usada-usada pokok yang sering dipakai acuan dalam pengobatan adalah Taru Premana,  Wraspati Klapa, Usada Rare, dan Usada Sari..
Mangku Loka  tinggal di dalam lingkungan keluarga luas yang berlokasi di Jalan Danau Buyan No 43 Desa Sanur, berjarak sekitar tujuh (7 Km) dari pusat Kota Madya Denpasar. Rumah Mangku Loka berada di jalur utama  Desa Sanur, yang sangat ramai dilalui oleh berbagai jenis kendaraan sepanjang hari (24 jam). Di samping sangat dekat dengan ibu kota propinsi, Desa Sanur merupakan salah satu resort pariwisata di Denpasar Bali yang sudah berkembang demikian pesat sejak lama, sehingga kawasan ini dapat dikatakan sebagai desa yang bercorak modern dan global, sekaligus juga tradisional.  Dikatakan masih tradisional karena kehidupan masyarakatnya, sekalipun sangat intensif melakukan kontak dengan budaya luar yang bersifat modern, namun kepercayaan dan praktik-praktik yang bersifat tradisonal seperti gotong royong, keprcayaan terhadap roh dan kekuatan gaib sebagai sumber penyakit, dan penggunaan pengobatan tradisional, seperti balian masih cukup menonjol.  
            Mangku Loka, selain berperan sebagai balian, dia juga adalah sorang pemangku salah satu pura yang ada di desa Sanur, yaitu Pura Dalem Desa Sanur.  Atas peran sosialnya itu, Mangku Loka menjadi orang yang cukup disegani dan dihormati di lingkungan komunitasnya. Menjalani profesi sebagai balian, sudah cukup lama, diperkirakan sudah lebih dari 30 tahun. Sedangkan profil Balian kedua adalah Jero Mangku Gde Suarta (Mangku Sani), di samping sebagai balian, beliau juga menjadi pemangku (pendeta) di pura desa di Desa Pemaron. Berumur 51 tahun, berpendidikan tamat Sekolah Dasar, dan menjalani profesi sebagai balian relatif lama yaitu sekitar lima belas tahun.  Sebelum menjalani profesi sebagai balian, Jero Mangku Gde Suarta belajar ilmu kebatinan Sila Dharma sekitar 25 tahun, dan memiliki sedikit pengetahuan tentang pengobatan secara medis dan lontar usada Taru Premana[1] serta Wraspati Kalpa[1].  Dalam praktek pengobatannya, tampak bahwa penggunaan ilmu kebatinan (kekuatan batin) lebih menonjol dibandingkan dengan penggunaan pengetahuan yang diperoleh dari usada, sebagaimana yang diterapkan oleh Balian Mangku Loka di Desa Sanur. Walupun demikian, kedua balian ini memiliki  pengetahuan yang cukup memadai tentang obat-obatan  tradisional.
            Berbeda dengan kondisi lingkungan rumah dari Mangku Loka, lingkungan rumah Jero Mangku Gde Suarta yang berlokasi di desa Pemaron Singaraja adalah lingkungan desa yang relatif jauh dari keramaian kota dan berjarak sekitar 10 KM dari ibu kota kabupaten Buleleng. Walaupun demikian, jumlah pasien yang berobat pada Jero Mangku Suartha cukup banyak, mencapai antara lima-sepuluh (5-10) orang perhari, dengan karakteristik pasien yang bervariasi, secara usia, jenis kelamin maupun latar belakang sosialnya.  Berikut ini akan digambarkan system penatalaksanaan pengonatan terhadap beberapa jenis penyakit yang pernah ditangani dan jenis obat yang diberikan kepada pasiennya.

Penatalaksanaan Pengobatan.
            Dalam menegakkan diagnosis terhadap penyakit  yang diderita pasien, Mangku Loka menggunakan motode dan teknik diagnosis (tetengerin gering) berdasarkan dari pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh dari usada dengan melakukan pemeriksaan secara bertahap pada elemen-elemen tubuh tertentu, yaitu  (1) suhu tubuh, (2) bulu mata , (3) warna kulit, (4) warna dan bentuk rambut, (5) warna mata, dan kuku (6) dan memeriksa keadaan tenggorokan. Di samping itu  menanyakan kepada pasien lama gejala sakit, lokasi sakit, dan menanyakan juga warna kotoran dan air seni sipasien.  Agak berbeda dengan teknik yang dilakukan oleh Mangku Loka, Jero Mangku Gde Suartha dalam menegakkan diagnosis  lebih sering menggunakan tekni-teknik yang terdapat pada usada Wraspati Kalpa, yaitu dengan mengamati keadaan atau ciri-ciri pasien yang datang antara lain: apa ada bunga dalam dirinya, memperhatikan tempat, cara/posisi, dan arah duduk sipasien, dan kemudian melihat kuku si pasien. Berdasarkakn pengamatan itulah balian ini menegaKkan diagnosis dan pengobatan.  Walaupun tampak ada sedikit perbedaan di antara keduanya, naum kedua balian ini selalu menggunakan prosedur menegakkan diagnosis (tetengering gering) sesuai dengan kode etik profesi menjadi seorang balian (ambek dadi balian)
Agar pengobatan berhasil dengan baik, selain menggunakan teknik dan pendekatan medis, kedua balian ini juga menggunakan pendekatan supranatural (metafisik), dengan permohonan kepada Tuhan melalui penyelenggaraan jenis ritual dan mantra-mantra tertentu. Di samping itu, untuk jenis penyakit tertentu, seperti penyakit kulit tilas naga misalnya, pasien diajurkan untuk berpantang makan telor, ikan asin atau ikan laut dan  daging babi.
Obat-obat yang diberikan kepada pasien, secara umum adalah obat tradisional yang dibuat dari bahan-bahan (tumbu-tumbuhan, binatang, mineral) tertentu  berdasarkan pada teknik pengobatan usada yang tertera dalam Lontar Taru Premana. Umumnya obat tersebut tidak tunggal, ada campurannya sesuai dengan jenis penyakit yang diderita pasien. Bagi pasien yang pertama kali datang,  obat yang diberikan dibuat oleh balian yang bersangkutan untuk dipakai dalam kurun waktu kurang lebih tiga (3 hari).  Setelah itu, jika belum sembuh, tetapi sudah menunjukkan perbaikan, diajurkan pasien membuat sendiri di rumah mereka. Sebaliknya jika dengan obat tersebut panyakit pasien  tidak sembuh atau tidak menunjukkan perubahan, disarankan untuk membeli obat di apotik atau berobat ke dokter.

Evaluasi Keberhasilan Pengobatan
            Mangku Loka dan Jero Mangku Gde Suartha (Suni) menjelaskan bahwa dia tidak memiliki teknik acuan untuk mengevaluasi keberhasilan pengobatan yang diberikan, namun menurut kebiasaan kesembuhan pasien diketahui dari perberitahuan langsung oleh pasien kepada dirinya  bahwa yang bersangkutan sudah merasa sembuh. Pada saat kedatangannya itu yang bersangkutan biasanya minta dilukat /diruat (diupacarai agar bersih dan terhindar dari mara bahaya dan penyakit). Selain itu, pemeriksaan getaran tenaga pasien lewat nadi, pertanyaan terhadap hilangnya keluhan pasien sering dilakukan sebagai dasar evaluasi keberhasilan pengobatan. Demikian juga bila pasien tidak lagi datang, diasumsikan oleh kedua balian bahwa panyakit sipasien sudah sembuh.

Karakteristik Pasien Diobati
            Berdasarkan pengamatan dan hasil wawancara dengannya, jumlah pasien yang datang ke rumah Mangku Loka untuk berobat tidak begitu banyak, namun  pada saat penelitian ini dilakukan tercatat tidak kurang dari lima pasien datang berobat. Mereka terdiri dari 2 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Pasien laki-laki tersebut satu orang tergolong masih Balita (berumur sekitar empat tahun) dengan keluhan panas badan anak tiba-tiba tinggi setelah diajak ke rumah saudara dekat, diduga oleh orang tuannya anak ini kena pengaruh ilmu hitam. Sebaliknya, laki-laki yang kedua berumur sekitar lima puluh (50 tahun) dengan keluhan batuk menahun.  Sedangkan pasien perempuannya terdiri dari satu orang berumur sekitar enam puluh tahun dengan keluhan batuk-batuk dan rematik, dan dua orang lainnya merupakan pasangan pengantin yang mengalami masalah rumah tangga. Dengan demikian, karakteristik pasien yang datang berobat pada Balian Mangku Loka cukup bervariasi, baik dari segi umur, seks, maupun jenis penyakitnya. Sedangkan mengenai asal daerah pasien yang datang  berobat umunya berasal dari wilayah desa-desa terdekat di wilayah Denpasar, tetapi kadang-kadang ada yang berasal dari luar kabupaten, seperti Gianyar.  Demikian juga  kebanyakan pasien yang datang berobat  pada Jero Mangku Gde Suartha, berasal dari desa atau daerah disekitarnya, seperti Seririt, Kota Singaraja, dan kadang-kadang ada yang berasal dari kabupaten Jembrana, dan Tabanan.
            Menurut Mangku Loka dan Mangku Suartha, sebagian pasien yang diobati dengan kesadaran sendiri kadang-kadang membawa hasil pemeriksaan laboratorium, untuk menunjukkan kondisi penyakitnya setelah mereka gagal menjalani pengobatan dokter. Kedua balian ini  menyatakan, bahwa dirinya tidak menggunakan hasil ronsen sebagai dasar diagnosis, tetapi lebih berdasarkkan hasil pengamatan sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh dari lontar usada.

JenisTumbuhan Obat yang Digunakan
            Tumbuh-tumbuhan yang digunakan baik oleh Mangku Loka maupun Jero Mangku Gde Suatha sebagai bahan obat sangat banyak jenisnya, baik yang berupa pohon besar yang berumur puluhan tahun yang ada di hutan, maupun dan jenis pohon perdu, rumput dan tanaman merambat yang tumbuh di semak belukar dan halaman rumah. Bagian-bagian dari tanaman yang digunakan sebagai bahan obat adalah akar/umbi, pucuk daun, daun tua, batang, bunganya, dan buahnya. Oleh karena tidak semua bahan obat yang diperlukan dapat dibudidayakan di rumah, maka balian ini  mencari bahan obat di sawah, tegalan, di hutan yang kadang-kadang cukup jauh dari tempat tinggalnya. Disamping itu, sebagian lain bahan obat yang dibuat sering juga di beli di pasar dan toko obat.

Jenis-Jenis Penyakit yang Pernah Ditangani
            Berdasarkan  dari pengamatan dan wawancara yang dilakukan terhadap praktik pengobatan yang dilakukan oleh Mangku Loka di desa Sanur, dan Jero Mangku Gde di Desa Pemaron Singaraja, jenis-jenis penyakit yang pernah ditangani dan jenis obat yang diberikan terangkum dalam deskripsi sebagai berikut.

Penyakit Kulit
(1) Tilas Naga
Bahan Obat :
Obat Luar   :
Kules lelipi (kulit ular), Daun Nasi-Nasi, Injin (ketan hitam), Kunyit (kunir), Hati ayam Bihing (merah) dibakar.
Cara Pembuatan :
Semua bahan obat tersebut di gerus (ulig) ditambah air panas, setelah itu disaring.  Air saringannya ditambahkan bedak selanjutnya dipakai  bedak pada kulit yang sakit.
Obat Dalam :
Lunak (asem), gula Bali (merah), Kunyit (kunir), Madu Asli.
Cara Pembuatan :
Kunyit (kunir) dikikih (diparut), lunak, gula bali, dan madu di gerus dan ditambahkan air hangat satu gelas kemudian disaring. Air saringannya diminum 3 X sehari (pagi, sore, dan malam).
(2) Tilas Bunga.
Bahan Obat :
Obat Luar :
Jahe, Kunyit (kunir), Kencur, kerikan pohon cempaka, jajan begina matah (kue tradisional Bali yang masih mentah yang dikeringkan) dibakar , dan  cuka.
Cara Pembuatan :
Jahe, Kunir, Kencur, kerikan pohon cempaka, Jajan begina mentah digerus (ulig) ditambah cuka kemudian disaring.  Air saringan dipakai obat oles pada kulit yang sakit.
Obat Dalam :
Padang Sendok, Lamongan, Temu-temu, Madu, Jeruk Nipis.
Cara Pembuatan :
Padang Sendok, Lamongan digerus ditambahkan air angat satu gelas kemudian airnya diperas. Air perasan ditambahkan air jeruk nipis dan madu, diminum 3 kali dalam sehari (pagi, siang dan sore).
(3) Penyakit Lepra :
Bahan Obat :
Oong (jamur kotoran sapi), jamur batang bambu (oong tiing), oong telagi (pohon asem), oong dedalu, oong bulan, buah buni hitam , umbi game, asem tanek hitam, cuka belanda, minuman Wiski.
      Cara Pembuatan :
Oong taen sapi, oong tiing, oong telagi, oong dedalu, oong bulan, buah buni hitam, umbi game, dan asem tanek hitam, semua bahan tersebut digerus sampai halus kemudian disaring dan ditambahkan  cuka belanda, dan wiski, lalu dioleskan pada kulit yang sakit.
Catatan: di samping dengan ramuan obat, pengobatan juga dilakukan dengan cara pembersihan secara magis melalui ritual meluka/ruatan di tempat tertentu, yaitu di Pemuhun (tempat pembakaran jenazah di kuburan umat Hindu, dan disertai dengan mengaturkan sesajen berupa banten caru.
(4) Kusta dan Bulenan (kurap).
Bahan Obat :
Obat Dalam :
Buah jebug + Kakap Sedah + Buah Base + Gambir
Cara Pembuatan :
Buah jebug + Kakap Sedah + Buah Base + Gambir digerus sampai alus kemudian ditambahkan air panas secukupnya disaring; airnya diminum satu sendok makan setiap hari 3 kali (pagi, siang, dan sore).
Obat Luar :
Kakap sedah (daun sirih tua)+ Jahe + Isen Kapur + Kesune Jangu + Akah Paku Dukut + Inan Kunyit.
Cara Pembuatan :
Kakap sedah (daun sirih dua)+ Jahe + Isen Kapur + Kesune Jangu + Akah Paku Dukut + Inan Kunyit semuanya digerus dipakai boreh.
(5) Alergi Kulit
Bahan Obat :
Kakap Base + Inan Kunyit + Dakep-dakep
Cara Pembuatan :
Kakap Base + Inan Kunyit + Dakep-dakep digerus kemudian ditambahkan air panas disaring diminum sebagai loloh.

Penyakit Saluran Pernapasan
(1) Bengek (sulingan)
Bahan Obat :
Air Bungkak (kelapa Muda), Daun Kesimbukan,  Daun Pancar Sona, Sari Kuning, Air Damuh.
Cara Pembuatan :
Air Bungkak (kelapa muda), daun Kesimbukan,  daun Pancar Sona, Sari Kuning direbus. Airnya disaring ditambahkan air Danuh (air yang diembunkan) dipakai Tutuh (obat masuk melalui hidung).
(2)  Batuk Kering
Obat Dalam :
Bahan Obat  :
Bunga Belimbing Buluh, Daun Pancar Sona, Bawang Merah Metambus (dibakar dengan bara api) Daun Sulasih mihik (wangi), Kencur. Jeruk Nipis.
Cara Pembuatan :
Bunga Belimbing Buluh, Daun Pancar Sona, Bawang Metambus, Daun Sulasih mihik, Kencur ditumbuk dimasukkan ke dalam kantong plastik kemudian dikukus setelah itu diperas. Air perasannya ditambahkan jeruk nipis diminum 3 X dalam sehari.
Obat Luar :
Bahan Obat :
Biji Nangka, Mesui, Jebuharum, jahe
Cara Pembuatan :
Biji Nangka, Mesui, Jebuharum, jahe digerus (ulig) ditempelkan pada dada (ulu hati).
(3) Kohkohan (Batuk Berdahak)
Obat Dalam
Bahan Obat :
Daun Belimbing Besi, Kunir, Kulit Kelapa Ditambus, Bawang ditambus, Lunak.
Cara Pembuatan :
Daun Belimbing Besi, Kunir, Kulit Kelapa Ditambus, Bawang ditambus, Lunak. Digerus (ulig) ditambahkan air Panas, kemudian disaring. Air saringannya diminum.
Obat Luar
Bahan Obat :
Bungkil biu dang saba (pancar pisang kapok), bawang metambus (dibakar dalam bara), kepik Waru (pucuk daun waru), minyak kelapa asli (Bali).
Cara pembuatan :
Bungkil Biu dang saba, Bawang metambus, kepik Waru digerus kemudian ditambahkan minyak kelapa bali dipakai obat tempel pada tulang Gihing (tulang belakang di ujung pantat).
(4) Penyakit Saluran Pernapasan
            Bahan Obat :
            Obat Luar :
Liligundi Sekemulan + Kesuna Jangu + Kencur + Beras
Cara Pembuatan :
Liligundi Sekemulan + Kesuna Jangu + Kencur + Beras digerus sampai alus ditambahkan air panas secukupnya.
(5) Penyakit Batuk Berdarah
Bahan Obatnya :
(Jahe Pahit + Jeruk Nipis + Minyak Dehe digunakan sebagai loloh).

 Penyakit Perut
(1)  Buh (perut membesar)
Bahan Obat :
Biji Tabu (waluh), Pepaya matang, Kentang, Wortel, ½ sendok cuka,  ½ sendok brem, ½ sendok kecap manis.
Cara Pembuatan :
Biji Tabu (waluh) dinyanyah kemudian digerus, Pepaya matang, Kentang, Wortel dikihkih kemudian dikukus airnya diambil ditambahkan  ½ sendok cuka. ½ sendok brem, ½ kecap manis, lalu diminum untuk obat.
(2) Mah (gangguan lambung)
Bahan Obat :
Obat Dalam :
Ketela Bun (rambat), Garam sedikit, Air Titisan (air tanakan nasi)
Cara Pembuatan :
Ketela Bun (rambat) diparut, ditambahkan Garam sedikit, Air Titisan kemudian dimakan sehari empat kali.
Obat Luar
Bahan Obat :
Kulit manggis, Kesuna Jangu, Abu (arang), minyak kelapa  bali.
Cara Pembuatan :
Kulit manggis, Kesuna Jangu, Abu (arang) digerus sampai halus kemudian ditambahkan  minyak kelapa  bali ditempelkan pada ulu hati.
(3)  Perut Panas dan atau Dingin Karena Infeksi.
Bahan Obat : Bidara Upas
            Cara Pembuatan :
Bidara Upas direndam dengan air panas, setelah dingin diminum dengan dosis tiga gelas dalam satu hari.
(4)  Berak Darah
              Bahan Obat:
Buah Sarikaya masak + es batu sampai dingin, kemudian dimakan.
Babakan Jati + Bawang Adas + asaban Cendana digerus sampai alus kemudian disaring dijadikan loloh (jamu).
(5) Perut Sakit :
              Bahan Obat :
Kerikan Buah + Kerikan Gedang + Bangle Tiga Iria + Uyah Areng.
              Cara Pembuatan :
Kerikan Buah + Kerikan Gedang + Bangle Tiga Iria + Uyah Areng dipapak disimbuhkan dibagian perut yang sakit.

Sakit Tulang (Tuju)
Bahan Obat :
Obat Luar  :
Akar Kayu Tulang, Akar Sambung Tulang, Akar kayu Tiwang, Akar liligundi, kelapa ental, sindrong jangkep.
Cara Pembuatan :
Akar Kayu Tulang, Akar Sambung Tulang, Akar kayu Tiwang, Akar liligundi, kelapa ental, sindrong jangkep digerus kemudian digoreng dipakai untuk boreh pada bagian yang sakit.
Bata merah digambar dengan Ongkara (sastra suci Hindu) dipanaskan dan diatasnya diisi daun liligundi secukupnya dan diinjak dengan kaki yang sakit sampai keluar air pada kaki yang sakit.
Obat Dalam :
Daun Paye/pare Puuh, Kuncuk Pule, Daun Ginten Cemeng,   Temukus, akar kayu angket, temu ireng, dan jahe pahit.
Cara Pembuatan :
Daun Paye Puuh, Kuncuk Pule, Daun Ginten Cemeng,   Temukus, akah kayu angket, temu ireng, jahe pahit digerus kemudian ditambahkan air panas secukupnya dan disaring. Air saringannya diminum 3 kali dalam sehari.

Sakit Kepala
(1) Puruh atau Belahan
Obat Luar :
kulit telur ayam, daun sembung, mesui, cekuh nunggal, buah base (sirih), daun dagdag.    
Cara Pembuatan :
Kulit telur ayam, daun sembung, mesui, cekuh nunggal, buah base (sirih) digerus sampai halus kemudian ditempelkan pada kepala ditutup dengan daun dagdag.
Catatan dalam pengobatan tidak boleh kena asap, merokok, kena air. Dan untuk obat urutnya dipergunakan bawang merah, kayu putih, limo (jeruk purut) diurut pada tulang belakang (tulang gihing).
(2)  Rambut Rontok
Bahan Obatnya :
Obat Luar :
Kelabet, daun langir, daun mangkok, lidah buaya, putih semangka muda (pusuh).
Cara Pembuatan :
Kelabet, daun langir, daun mangkok, lidah buaya, putih semangka pusuh di lablab (direbus) kemudian disaring, airnya dimasukkan ke dalam botol ditutup kemudian didinginkan dalam air, baru disiramkan atau dibasuhkan  di kepala sampai kena kulit kepala.
Obat Dalam :
Daun jempiring dan gula bali (gula merah).
Cara Pembuatan :
Daun jempiring, gula bali digerus kemudian disaring diminum.

 Penyakit Pada Wanita
(1) Keputihan
Bahan Obat :
Obat Luar  :
Daun keliki, kulit manggis, bawang merah.
Cara Pembuatan :
Daun Keliki, kulit manggis, bawang merah digerus ditempelkan pada perut.
Obat Dalam :
Akah (akar  kemogan), tain yeh (endapan sari air yang berwarna kuning/kotoran air), umbi ikose (sejenis isen).
            Cara Pembuatan :
Akah kemogan, tain yeh, umbi ikose (sejenis isen) digerus dan ditambahkan air panas secukupnya kemudian disaring dan diminum sebagai loloh (jamu).
(2)  Datang Bulan Tak Lancar.
Bahan Obat :
Obat Luar :
Temako, lunak (asem) dan  minyak tandusan (minyak kelapa asli produksi tradisional).
Cara Pembuatan :
Temako, lunak (asem), minyak tandusan (asli) digerus ditempelkan pada pusar pada malam hari.
Obat Dalam :
daun isen, gula bali, akah biu dangsaba (akar pisang kapok), blangsah buah,(bunga pinang), dan sari kuning.
Cara Pembuatan  :
daun isen, gula bali, akah biu dang saba, blangsah buah, sari kuning digerus kemudian ditambah air panas dan disaring, airnya diminum untuk obat.
(3)  Vagina Sakit
Bahan Obat
            Obat Luar   :
Untuk Mandi : daun candi late direbus untuk air mandi.
Untuk oles : jagung muda, gadung cina, buah kem, umbi ilak, daun ilak, semuanya direbus disaring kemudian ditambahkan air mawar dengan perbandingan 1 campuran obat : 1 air mawar.

Sakit Gigi
(1) Sakit Gigi tidak ada ocel
Bahan Obat :
Untuk gosok gigi : Getah kamboja ditambah odol atau garam
Obat kumur: Babakan ental, air dan garam direbus, air rebusan dipakai kumur-kumur.
Obat oles: Daun kayu anyeket, daun tabia/cabai lombok, hati bawang, air cendana semua bahan digerus sampai halus, lalu dioleskan pada gigi yang sakit.
(2) Sakit Gigi Berlubang
Bahan Obat :
Arang batok kelapa,  sembung, dan trusi.
Cara Pembuatan:
Arang batok kelapa, sembung, trusi digerus ditambahkan air panas dijadikan obat kumur.
(3) Gigi Sakit
Bahan Obat :
Jahe Pahit + Jeruk Nipis + Minyak Dehe + Batu Tuwung Kanji yang Tua.
Cara Pembuatan :
Jahe Pahit + Jeruk Nipis + Minyak Dehe + Botun Tuwung Kanji yang Tua di , kemudian airnya disaring dipakai obat kumur.
Air Lumut dipakai kumur-kumur.

Gangguan Vitalitas (Wandu)
Bahan Obat :
Obat Dalam :
Kuning Telur ayam kampung, air kunir 1 sendok, serbuk merica 11 biji, madu dicampur dijadikan satu dan diminum sebagai loloh.
Kuud ental (isi buah lontar muda), wortel, ketela rambat, kelapa dibakar (metunu); semuanya itu digerus kemudian dikukus, airnya diambil dijadikan loloh.
Obat Luar :
Buah Tibah dicocok dimasukkan garam, kemudian ditambus, kemudian diinjak tepat kena cekok kaki.

Luka/borok Menahun (kronis)
Bahan Obat :
Minyak Alu (kadal/biawak ), Yeh Lunak (air asem,, air Jeruk Purut (lemo), dipakai obat oles luka.
Isen, batang jepun/kamboja di lablab (direbus) atau ditambus (dibakar pada bara api), lalu airnya dipakai obat oles.

Penyakit Mata
(3)   Mata Merah
Bahan Obat :
Air batang Simbukan, umbi bunga Teratai (tunjung), air kakap (daun sirih tua).
Cara Pembuatan :
Umbi Teratai (Tunjung) ditambus dibakar pada bara api ditambah  air batang simbukan dan air kakap, kemudian disaring; airnya dijadikan obat tetes.
Air rebusan daun Kelor dipakai  mencuci mata setiap bangun pagi.
(4)   Mata Tumbuhan (Katarak)
Bahan Obatnya:
Darah bulu ekor ayam, darah ekor belut (lindung) dipakai obat tetes mata.

Gangguan Saluran Kencing
(5)   Kencing Darah
Bahan Obatnya  :
Semangka + Gula Batu
Cara Pembuatan :
Buah Semangka dicocok sampai berlubang kemudian dimasukkan gula batu, didiamkan selama satu hari, kemudian air semangka itu diminum untuk obat.
(6)   Kencing Batu
Bahan Obatnya :
Kelungah buah kelapa Mulung + Bunga Gedang Renteng (bunga kates renteng)+ Bawang Adas + Bulih Sutra + Jeruk Nipis.
Cara Pembuatan :
Kelungah Nyuh Mulung dilobangi dan dimasukkan Bunga Gedang Renteng + Bawang Adas + Bulih Sutra + Jeruk Nipis, kemudian dipanaskan sampai matang. Airnya diminum lebih kurang dengan dosis 2 sampai 3 kelapa dalam sehari.

Penyakit Kencing Manis
Bahan Obatnya :
Widara Upas + Jahe Pahit + Jeruk Nipis + Sambi Roto + Bidara Upas.
          Cara Pembuatan :
Widara Upas + Jahe Pahit + Jeruk Nipis + Sambi Roto + Bidara Upas direbus sampai mendidih dan air tinggal sepertiganya, kemudian disaring. Air saringannya diminum sebagai obat.

Penyakit Asam Urat
Bahan Obat :
Obat Luar :
Babakan Juwet + Babakan Book + Babakan Jepun + Pomor Bubuk + Kesuna Jangu + Isen Pabuan + Cuka.
Cara Pembuatan :
Babakan Juwet + Babakan Book + Babakan Jepun (kulit pohon kamboja) + Pomor Bubuk + Kesuna Jangu + Isen Pabuan  digerus sampai alus kemudian ditambahkan air panas secukupnya disaring kemudian +  Cuka.

Obat Bengkak
Bahan Obatnya :
Jebug Arum 3 Biji +induk kunir (inan kunyit) + Temutis
Cara Pembuatan :
Jabug Arum 3 Biji + Inan Kunyit + Temutis di kunyah sampai alus kemudian disemburkan pada tempat yang bengkak.

Darah Kotor
            Bahan Obat :
Buah Menori  (di ambil bijinya yang muda) + Pancar Sona Sekembulan, (satu tangkai utuh).
Cara Pembuatan :
Buah Menori  (di ambil bijinya yang muda) + Pancar Sona Sekembulan di Gerus Sampai Alus ditambahkan air panas secukupnya, kemudian disaring. Diminum sebagai loloh.



Obat Jerawat
Bahan Obatnya :
Kakap Tabia Bun (daun cabe jawa tua + Kesuna Jangu + Akah Paku Jukut (akar pohon paku sayur)+ Inan Kunyit (induk kunir).
Cara Pembuatan :
Kakap Tabia Bun + Kesuna Jangu + Akah Paku Jukut + Inan Kunyit di gerus sampai alus dijadikan boreh (bedak) pada jerawat.

Simpulan dan Saran
            Berdasarkan dari apa yang telah dipaparkan di atas, maka dapat dirumuskan simpulan sebagai berikut. Suku bangsa Bali, sebagaimana suku-suku bangsa lain yang tersebar di Indonesia, sejak lama telah mengembangkan seperangkat pengetahuan, kerepercayaan, aturan-aturan, ritus-ritus dan praktik-praktik untuk menghindari dan menanggulangi berbagai ancaman penyakit yang dihadapi yang disebut dengan sistem kesehatan atau sistem medis.
            Secara teoritis dalam setiap sistem medis paling tidak akan dijumpai  dua subsistem, yaitu (1) sistem etiologi atau sebab-sebab sakit dan penggolongan penyakit, dan (2) sistem perawatan kesehatan.  Sistem perawatan atau pengobatan  secara tradisional di Bali disebut dengan Usada Bali; dan para penyembuhnya dikenal dengan sebutan Balian/dukun. Sedangkan sistem  etiologinya atau sebab-sebab sakit digolongkan menjadi empat, yaitu (1) sebab-sebab yang bersifat naturalistik, (2) personalistik, (3) supranaturalistik, dan (4) gabungan dari ketiga faktor tersebut.  Keempat penyebab sakit tersebut, secara emik digolongkan ke dalam tiga  kategori, yaitu (1) penyebab sakit secara skala (fisik/nyata),  (2) penyebab sakit secara niskala (tidak nyata/nonfisik), dan (3) campuran sebab-sebab skala dan niskala. Kepercayaan orang Bali pada umumnya terhadap  sebab-sebab sakit secara niskala justru hingga kini masih sangat kuat. Kondisi ini diduga menjadi salah satu faktor penting masih eksisnya balian dan penerimaan masyarakat terhadap pengobatan tradisional atau usada di Bali. 
            Berdasarkan atas keahlian, sumber pengetahuan dan kemapuan profesi yang dijadikan sebagai sumber kekuatan dalam menjalankan praktiknya,  balian di Bali dibagi ke dalam empat golongan atau kategori, yaitu (1) Balian Usada, (2) Balian Ketakson, (3) Balian Pica, dan (4) Balian Campuran.  Di dalam  menjalankan praktik pengobatan, baik dalam rangka menegakkan diagnosis maupun terapi, para balian di Bali  terutama balian usada dan campuran menggunakan lontar usada sebagai pegangan profesinya.  Lontar-lontar yang paling umum dikenal dan biasa digunakan adalah lontar Wraspati Kalpa, Budha Kecapi, Ayurveda, dan naskah-naskah kuno lainnya yang memuat cara-cara menentukan penyakit (menegakkan diagnosis), dan Lontar Taru Premana yang memuat nama-nama jenis tanaman untuk nama-nama dan jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan tanaman tersebut.  Secara praktis ada tiga cara yang biasa dilakukan oleh balian dalam menegakkan diagnosis, yaitu 1) praktyasa atau roga pariksha (melakukan pengamatan pada bagian tubuh pasien secara teliti), Sparsana (melakukan rabaan, sentuhan pada nadi dan bagian tubuh lainnya), dan (3) Prasna (wawancara tentang berbagai hal yang erat kaitannya dengan penyakit yang dideritanya, termasuk umur, pekerjaan, pengalaman sakit, dan pengobatan yang pernah digunakan sebelumnya). Dengan model pemeriksaan seperti itu, secara perbandingan tampak tidak jauh berbeda dengan teknik yang lazim dilakukan oleh dokter saat memeriksa pasiennya. Dengan demikian, model pemeriksaan yang dilakukan oleh balian di Bali seperti itu, dapat dikategorikan sebagai praktik pengobatan yang sudah memenuhi prinsip moderen.  Walaupun demikian, praktik pengobatan yang dilakukan oleh balian yang menggunakan obat-obat tradisional, sering tampak masih  kurang terukur takaran dosisnya, konsistensinya, kandungan farmakologi dari bahan obat yang diberikan, dan heginitasnya. Kondisi yang demikian bukan tidak mungkin bisa berdampak negatif atau bisa membahayakan kesehatan bahkan jiwa  pasien bersangkutan.
            Bentuk dan kualitas obat yang diramu oleh balian untuk para pasiennya terdiri dari tiga bentuk, yaitu (1) Padet (padat, (2) Enceh (cair), dan (3) Belek (setengah padat). Sedangkan kualitas unsur-unsur yang terkandung dalam obat  yang dimaksud digolongkan menjadi tiga kategori, yaitu (1) berkualitas atau mengandung unsur Anget (panas), (2) Tis (dingin), dan (3) Jumelade (netral/sedang). Konsepsi orang Bali tentang sehat-sakit mengacu pada aspek keseimbangan dan ketidakseimbangan fungsi dan hubungan unsur-unsur yang ada dalam sistem tubuh dan pembentuk tubuh (mikrokosmos), yaitu panca maha butha dan Tridosha dengan sistem luar yang luas yaitu alam semesta (makrokosmos). Dengan demikian, kondisi sehat akan terjadi manakala ada keseimbangan dan keharmonisan hubungan antara simtem mikrokosdmos dengan makrokosmos.  Sebaliknya, sakit akan terjadi manakala keseimbangan fungsi dan unsur dalam tubuh manusia dan hubungan antara mikrokosmos dan makrokosmos terganggu.

Saran-Saran
            Dengan berbagai keterbatasan yang ada terutama masalah waktu dan biaya maka masih banyak jenis tanaman obat, baik yang termuat dalam lontar Taru Premana, dan naskah-naskah kuno lainnya yang ada di Bali maupun ramuan obat yang biasa dibuat oleh balian yang mungkin sangat manjur untuk jenis penyakit tertentu belum terindentifikasi secara baik dan lengkap.  Atas dasar keterbatasan ini, maka upaya penelitian yang lebih intensif dan mendalam untuk lebih memahami isi  dan kasiat jenis tanaman yang dimasud pada masa-masa berikut perlu diadakan. 


Daftar Bacaan

Foster G.M & B.G. Anderson,1978. Medical Anthropology. New York: John Berkeley: University of California Press.

Helman, Cecil,1984. Culture, Health, and Illness. The Stonebrige Prees.

Kalangie, N.S, 1976.”Arti dan Lapangan Antropologi Medis”. Dalam Berita

Kalangie, N.S,1980. Contemporary Helath Care in West Javanese Village: The

Kleinman, Arthur, 1980. Patients and Healers in the Context of Culture:

Kleinman, Arthur,1980. Patients and Healers in the Context of Culture:

Koentjaraningrat. 1987. Sejarah Teori Antropologi 1. Jakarta: UI Press.

Kumbara, A.A. Ngr Anom,1994. “Gangguan Jiwa di Bali sebagai

Raines, John (editor). 2003. Marx Tentang Agama. Jakarta: Teraju.

BALI PUSEH

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Bumi Rumah Kita

  Membaca Ulang Wasudewa Kutumbakam   I   W a y a n   S u k a r m a   Bumi adalah rumah kita bersama. Dunia adalah keluarga kita...