PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS HINDU INDONESIA DENPASAR
FILSAFAT HINDU
OLEH
I WAYAN SUKARMA
HINDU: ILMU, FILSAFAT, TEOLOGI, DAN AGAMA
FILSAFAT HINDU: FILSAFAT SEBAGAI METODE MEMPELAJARI HINDU (MELIHAT HINDU DARI SUDUT PANDANG FILSAFAT).
TEOLOGI HINDU: MEMPERTAHANKAN PANDANGAN TENTANG TUHAN BERDASARKAN AGAMA, WAHYU, DAN KITAB SUCI HINDU.
AGAMA HINDU: MELIHAT HINDU SEBAGAI AGAMA, MEMPELAJARI HINDU SEBAGAI DISIPLIN PRAKTIS UNTUK MENGABDIKAN DIRI.
ANTARA FILSAFAT DAN AGAMA
PERBEDAAN ANTARA AGAMA DAN FILSAFAT TIDAK TERLETAK PADA BIDANGNYA, TETAPI PADA CARANYA MENYELIDIKI BIDANG ITU.
FILSAFAT BERARTI MEMIKIR, SEDANGKAN AGAMA BERARTI MENGABDIKAN DIRI.
FILSAFAT MENUNTUT PENGETAHUAN UNTUK MEMAHAMI, SEDANGKAN AGAMA MENUNTUT PENGETAHUAN UNTUK BERIBADAT.
AGAMA BERHUBUNGAN DENGAN HATI, SEDANGKAN FILSAFAT DENGAN PIKIRAN YANG TENANG.
FILSAFAT TENANG DALAM PEKERJAANNYA, TETAPI MENGERUHKAN PIKIRAN; SEDANGKAN AGAMA PENUH DENGAN SEMANGAT PENGABADIAN, TETAPI MENENANGKAN JIWA PEMELUKNYA.
STUDI FILSAFAT HINDU
STUDI FILSAFAT: KAJIAN TENTANG PERTIMBANGAN PEMIKIRAN FILOSOFIS YANG BERSIFAT SISTEMATIS, KRITIS, RADIKAL, SPEKULATIF, BAIK PEMIKIRAN ZAMAN KUNO MAUPUN MODERN.
FILSAFAT HINDU MEMILIKI TIGA HAKIKAT KAJIAN: SAT-CIT-ANANDA (KEBENARAN, KEBIJAKSANAAN, DAN KEBAHAGAIAAN).
MEMAHAMI DAN MENDALAMI TIGA HAKIKAT ITULAH TUJUAN AKHIR DARI MATA KULIAH FILSAFAT HINDU.
KEMUDIAN, MENEMUKAN RELEVANSINYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.
FILSAFAT: HINDU DAN INDIA
DALAM STUDI FILSAFAT ADA KERANCUAN PENGGUNAAN ISTILAH “FILSAFAT INDIA” DAN “FILSAFAT HINDU”.
FILSAFAT INDIA ADALAH SELURUH PERTIMBANGAN PEMIKIRAN FILOSOFIS INDIA, BAIK HINDU, ISLAM, MAUPUN KRISTEN; BAIK KUNO MAUPUN MODERN; DAN, BAIK TEIS MAUPUN ATEIS.
FILSAFAT HINDU ADALAH SELURUH PERTIMBANGAN PEMIKIRAN FILOSOFIS HINDU YANG HIDUP DAN BERKEMBANG DI INDIA.
FILSAFAT HINDU MELIPUTI PEMIKIRAN FILOSOFIS SEJAK ZAMAN VEDA HINGA ZAMAN SKOLASTIK, BAHKAN ZAMAN INDIA MODERN.
PEMIKIRAN FILOSOFIS HINDU DI INDIA
ZAMAN VEDA (1500-600 SM):
SAMHITA, BRAHMANA, DAN UPANISAD.
ZAMAN WIRACARITA (600-200 M):
FILSAFAT BUDDHA DAN BHAGAVADGITA.
ZAMAN SUTRA-SUTRA (200 M - DST.):
NYAYA, VAISESIKA, SANKHYA, YOGA, MIMAMSA, DAN VEDANTA.
ZAMAN SKOLASTIK (SEJAK 200 M):
ADVAITA, VISISTADVAITA, DAN DVAITA.
FILSAFAT INDIA ABAD-ABAD TERAKHIR
(FILSAFAT INDIA MODERN).
SARVA DARSANA: SISTEM FILSAFAT HINDU
SARVA DARSANA: ASTIKA (ORTODOKS) DAN NASTIKA (HETERODOKS).
ASTIKA SISTEM FILSAFAT YANG MENGAKUI OTORITAS VEDA; NASTIKA TIDAK MENGAKUI OTORITAS VEDA.
ASTIKA: NYAYA, VAISESIKA, SANKHYA, YOGA, MIMAMSA, DAN VEDANTA (SAD DARSANA).
NASTIKA: JAINA, CARVAKA, DAN BUDDHA (TRI DARSANA).
ASTIKA DAN NASTIKA DISEBUT NAVA DARSANA.
LINGKUP KULIAH FILSAFAT HINDU
SAD DARSANA: SANKHYA, YOGA, NYAYA, VAISESIKA, MIMAMSA, DAN VEDANTA.
PEMIKIRAN ZAMAN SKOLASTIK: DVAITA, VISISTADVAITA, DAN ADVAITA.
TRI DARSANA: BUDDHA, CARVAKA, DAN JAINA.
PERBANDINGAN ANTARA FILSAFAT TIMUR (HINDU) DAN BARAT.
TUJUAN
MEMAHAMI DINAMIKA DAN DIALEKTIKA PEMIKIRAN FILOSOFIS DALAM SAD DARSANA DAN ZAMAN SKOLASTIK.
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBANDINGAN ANTARA PEMIKIRIAN FILOSOFIS TIMUR (HINDU) DAN BARAT.
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS TENTANG TEMA-TEMA PEMIKIRAN FILOSOFIS DALAM HINDUISME.
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN RELEVANSI DAN KEGUNAAN PEMAHAMAN TENTANG PEMIKIRAN FILOSOFIS HINDU DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.
Bumi Rumah Kita
Membaca Ulang Wasudewa Kutumbakam I W a y a n S u k a r m a Bumi adalah rumah kita bersama. Dunia adalah keluarga kita...
Cari Blog Ini
Arsip Blog
Popular Posts
-
SISTEM PENGOBATAN USADA BALI A.A. Ngr Anom Kumbara Pen gantar Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar manu...
-
BRAHMAVIDYA DALAM BHUANA KOSA Oleh I Wayan Sukarma Abstrak Bhuana Kosa adalah lontar yang paling tua dalam kelompok lontar-lontar Siwaistik....
-
PERKEMBANGAN SHIWA-BUDDHA DI INDIA DAN INDONESIA (Pendekatan Ilmu Sejarah) Prof. D.Litt...
-
TATTWA JNÀNA: KAJIAN TERHADAP STRUKTUR I Wayan Suka Yasa 1. Pendahuluan “Candi pustaka” yang menjadi kepustakaan Hindu Bali...
-
REINKARNASI Wacana Surga-Bumi-Neraka I Wayan Suka Yasa Abstrak Keyakinan manusia pada reinkarnasi mungkin lebih tua dari se...
Tentang Penulis
Nama: I Wayan Sukarma
Email: putraghanes58@gmail.com